NILAI-NILAI PENDIDIKANISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAKYANG TERKANDUNGDALAM PERMAINAN TRADISIONAL (STUDIKASUS DI KAMPUNGDOLANANPANDESPANGGUNGHARJO SEWONBANTULYOGYAKARTA)

RIZKI NOPIYANTI (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKANISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAKYANG TERKANDUNGDALAM PERMAINAN TRADISIONAL (STUDIKASUS DI KAMPUNGDOLANANPANDESPANGGUNGHARJO SEWONBANTULYOGYAKARTA). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)

Abstract

*11 Penelitian ini bertujuan (a) Untuk mengkaji nilai–nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam permainan tradisional di Kampung Dolanan Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta.(b) Untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam dalam membentuk karakter anak yang terkandung dalam permainan tradisioanal di Kampung Dolanan Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta.
Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yakni menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau. Subyek dalam penelitian ini yaitu ketua komunitas, guru, pengelola kampung dolanan,dukuh, warga dan anak-anak, karena mereka semua adalah sumber informasi penting dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah content analysis (analisis isi), Selain itu untuk memperoleh data yang cukup dan jelas dalam permasalahan yang diangkat oleh penulis maka ada beberapa teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan :(1) Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam permainan tradisional yaitu: disiplin, mandiri, tanggung jawab, menghargai kerja keras orang lain, bersyukur,sabar, adil dan persahabatan.(2) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter anak yang terkandung dalam permainan tradisional yaitu:(a) Wicoro ada bunyi-bunyian baik itu tembang dialog yang keluar dari mulut si anak, artinya disana kecerdasan verbal anak/ keceradsan berbahasa anak itu diasah lewat tembang atau dialog, karena dengan permainan tradisional anak akan selalu melahirkan nuansa suka cita (b) Wirogo ada gerak tubuh, tiadak ada permaian tradisional itu yang hanya diam, karena memang wirogo, gerakan yang dilakukan dalam rangka untuk meningkatkan kecerdasna kinestetik anak, kecerdasan olah tubuh, kecerdasan psikomotik, kecerdasan motorik anak. Serta dengan permainan tradisional, anak memperoleh kesempatan berkembang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan jiwanya (c) Wiromo adanya irama, irama hanya bisa dibangun ketika seorang anak bisa bermain, bekerjasama dengan patner mainya. Artinya kecerdasan intrapersonal anak, kecerdasan interpersonal anak, kecerdasan emosional anak itu diasah lewat dolanan.(d) Wiroso adanya sesuatu yang sifatnya batiniah, ruhaniah yang dimana di adalam permainan tradisional terdapat pelajaran etika, moral bahkan ajaran berketuhanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *11 NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM, KARAKTER ANAK, PERMAINAN TRADISIONAL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:32
Last Modified: 14 Jun 2022 03:32
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17024

Actions (login required)

View Item
View Item