Budiman Wicaksono (2020) authentic materials used by teacher in reading activities at an english language department at a private university inyogyakarta. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (641kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (242kB)
Bab I.pdf
Download (381kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (602kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (379kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (406kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (273kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Membaca menggunakan media kreatif dapat memberikan dampak yang baik terhadap pemahaman para siswa. Menggunakan materi-materi authentic seperti Koran-koran, tiket kereta, dan majalah dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi materi-materi authentic yang digunakan di kegiatan membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang membuat penjelasan dari situasi atau kejadian yang berlangsung, jadi metode ini ditujukan untuk mengumpulkan data-data mendasar. Data yang dihimpun dari wawancara yang dilakukan dengan para dosen yang pernah mengampu material design. Temuan menunjukkan bahwa materi-materi authentic yang digunakan padakegiatan membaca adalah dengan menggunakan pengumuman, tiket kereta, petunjuk, undangan, iklan,loran, memo dan email. Peneliti juga menemukan keunggulan dari menggunakan materi- mater authentic antara lain mendekatkan kepada praktiknya dan bahasa yang digunakan dalam kondisi yang sebenarnya unik, kreatif dan fleksibel dalam penggunaannya, memberikan kepada pengaruh siswa, para siswa bias mendapat input pengetahuan yang banyak, para siswa dapat merasa dan memiliki bahasa inggris seperti penutur asli, membuat siswa lebih percaya diri dan memberikan pengetahuan. Selain itu, terdapat juga kelemahan dari materi-materi authentic antara lain memerlukan waktu dan pengetahuan yang lebih untuk bisa mengadaptasikan di kelas, tingkat bahasa yang digunakan biasanya lebih sulit dan memiliki input dan dampak yang tidak baik kepada siswa.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:03 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 06:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1709 |