authentic materials used by teacher in reading activities at an english language department at a private university inyogyakarta

Budiman Wicaksono (2020) authentic materials used by teacher in reading activities at an english language department at a private university inyogyakarta. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (641kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Membaca menggunakan media kreatif dapat memberikan dampak yang baik terhadap pemahaman para siswa. Menggunakan materi-materi authentic seperti Koran-koran, tiket kereta, dan majalah dapat meningkatkan ketertarikan siswa dalam membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi materi-materi authentic yang digunakan di kegiatan membaca. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif adalah metode penelitian yang membuat penjelasan dari situasi atau kejadian yang berlangsung, jadi metode ini ditujukan untuk mengumpulkan data-data mendasar. Data yang dihimpun dari wawancara yang dilakukan dengan para dosen yang pernah mengampu material design. Temuan menunjukkan bahwa materi-materi authentic yang digunakan padakegiatan membaca adalah dengan menggunakan pengumuman, tiket kereta, petunjuk, undangan, iklan,loran, memo dan email. Peneliti juga menemukan keunggulan dari menggunakan materi- mater authentic antara lain mendekatkan kepada praktiknya dan bahasa yang digunakan dalam kondisi yang sebenarnya unik, kreatif dan fleksibel dalam penggunaannya, memberikan kepada pengaruh siswa, para siswa bias mendapat input pengetahuan yang banyak, para siswa dapat merasa dan memiliki bahasa inggris seperti penutur asli, membuat siswa lebih percaya diri dan memberikan pengetahuan. Selain itu, terdapat juga kelemahan dari materi-materi authentic antara lain memerlukan waktu dan pengetahuan yang lebih untuk bisa mengadaptasikan di kelas, tingkat bahasa yang digunakan biasanya lebih sulit dan memiliki input dan dampak yang tidak baik kepada siswa.

Item Type: Thesis (D3)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 07:03
Last Modified: 01 Nov 2021 06:38
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1709

Actions (login required)

View Item
View Item