NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG SEBAGAI ALTERNATIF MENGAJAR DI DAERAH TERPENCIL

AMRIL (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU SOKOLA RIMBA KARYA BUTET MANURUNG SEBAGAI ALTERNATIF MENGAJAR DI DAERAH TERPENCIL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)

Abstract

*18 AMRIL. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku Sokola Rimba karya
Butet Manurung sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil.
Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakulas Agama Islam Universitas
Muhammadiyah Yogyakarta 2011.
Latar belakang penelitian pendidikan karakter kini menjadi isu utama
pendidikan di negeri ini, selain menjadi bagian dari proses pembentukan karakter
anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama
dalam membentuk generasi berkualitas. Kebutuhan akan pendidikan yang dapat
melahirkan manusia Indonesia yang berkarakter sangat dibutuhkan karena
degradasi moral terus-menerus yang terjadi pada bangsa dan nyaris membawa
bangsa ini dalam kekacauan yang besar, terutama dalam dunia pendidikan.
Penanaman nilai pendidikan karakter berperan besar dalam pembentukan
kepribadian atau karakter seseorang. Penanaman nilai pendidikan tidak hanya
dapat dilakukan melalui lembaga pendidikan formal saja, tetapi juga dapat melalui
media elektronik seperti televisi, radio, internet, tetapi juga dapat melalui media
cetak seperti koran, majalah, karya sastra.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter
dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung sebagai alternatif motivasi
untuk mengajar di daerah terpencil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif.
Jenis penelitian ini menggunakan metode study kepusakaan (Library Research).
pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan dokumentasi. Metode
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis is
(content analysis). Pemeriksaan keabsahan data ini dengan menambah referensi
dari buku yang bersangkutan dengan pendidikan karakter, Blog, twitter penulis,
dan literatur lainnya.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya beberapa nilai-nilai pendidikan
karakter yang ada di dalam buku Sokola Rimba karya Butet Manurung terbitan
Kompas Media pada tahun 2013. Antara lain nilai kejujuran, tanggung jawab,
kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, peduli lingkungan dan
peduli sosial. Sedangkan relevansinya nilai pendidikan karakter dalam buku
Sokola Rimba sebagai alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil ada
kesesuaian antara nilai-nilai pendidikan karaker dalam buku sebagai bacaan yang
dapat menjadi alternatif motivasi untuk mengajar di daerah terpencil dan cocok
digunakan sebagai bahan referensi tambahan bagi calon pendidik lainnya agar
mau mengajar dimana pun ia berada.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *18 PENDIDIKAN KARAKTER. BUTET MANURUNG. SOKOLA RIMBA
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:47
Last Modified: 13 Jun 2022 07:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17146

Actions (login required)

View Item
View Item