ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR PENDANAAN DAN PENGARUHNYA BERSAMA RETURN ON ASSET TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI

CARUDIN (2004) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI STRUKTUR PENDANAAN DAN PENGARUHNYA BERSAMA RETURN ON ASSET TERHADAP RENTABILITAS MODAL SENDIRI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (67kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)

Abstract

Pesatnya arus globalisasi menuntut perusahaatt untuk lebih handal dalam menangkap pcluang bisnis, hanya perusahaan yang berskala besar yang dapat mempetahankan dan mengembangkan tinglcat pertumbuhannya. Setiap perusahaan pada prinsipnya membutulikan dana yang dapat diperoleh dari intem dan ekstern. Untuk memutuskan pendanaait, perusahaan diharapkan mampu mempertimbangkan sumber-sumber ekonomis, guna keputusaan investasi. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menguji pengaruh secara serentak variabel struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, beban pajak dan laba ditahan terhadap struktur pendanaan (2) untuk mengidentifikasi variabel manakah yang berpengaruh secara parsial terhadap struktur pendanaan (3) tmtuk menguji pengaruh secara serentak variabel struktur pendanaan dan retum on asset terhadap rentabilitas modal sendiri (4) untuk mengidentifikasi variabel manakah yang berpengaruh secara parsial tcrhadap rentabilitas modal sendiri. Sebagai populasi ada 157 perusahaan manufaktur yang terdafiar di BEJ, dan 40 perusahaan yang dijadikan sampel dengan menggunakan teknik sampel purposif dan teknik acak sederhana. Model yang digunakan adalah regresi linear beganda, dengan dua kali regresi: ( I) meregesi struktur aktiva, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan, beban pajak, dan Iaba ditahan dengan struktur pendanaan, (2) mcregresi strulnur pendanaan dan return on asset (ROA) dengan rentabilitas modal sendiri. Hasil regresi menunjukan: (I) Secara serentak lima variabel berpengaruh sigtifikan terhadap struktur pendanaan, (2) secara parsial hanya ukuran perusahaan dan laba ditahan yang signifikan tcrhadap struktur pendanaan, (3) secara serentak dua variabel berpengaruh signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri, (4) secara parsial hanya ROA yang signifikan terhadap rentabilitas modal sendiri. Hasil analisis menunjukan bahwa perusahaan cenderang lebili besar menahan pendapatannya datam bentuk laba ditahan dari pada dibagikan sebagai dividen, yang berarti mengutamakan pembiayaan dalam bentuk dana intem.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRUKTUR PENDANAAN
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:26
Last Modified: 13 Jun 2022 02:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17153

Actions (login required)

View Item
View Item