DWI FAJAR SULISTYANINGSIH (2015) KUALITAS TES UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TAHUN AJARAN 2013/2014 DI SMP SE-KECAMATAN PANDAK (ANALISIS BUTIR SOAL). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (395kB)
Bab I.pdf
Download (365kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (88kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
Abstract
*60 Penelitian ini membahas tentang Kualitas Tes Ujian Akhir Semester (UAS)
Gasal Kelas VIII Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Tahun Ajaran
2013/2014 Di SMP Se-Kecamatan Pandak. Hal yang akan dianalisis meliputi tingkat
kesukaran butir, daya beda, efektivitas distraktor, validitas dan reliabilitas. Analisis
butir soal diperlukan untuk mengetahui kualitas tes. Tes berfungsi sebagai alat
pengukur bagi peserta didik dan alat pengukur keberhasilan program pengajaran. Tes
merupakan fokus dari evaluasi hasil. Evaluasi ini digunakan untuk mengetahui
keberadaan hasil tes dan memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini adalah
evaluatif dengan pendekatan diskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini mengambil
SMP di Kecamatan Pandak yaitu SMP N 1 Pandak, SMP N 2 Pandak, SMP N 3
Pandak dan SMP N 4 Pandak. Sampel yang digunakan sebanyak 398 lembar jawab
siswa. Data yang diambil melalui metode dokumentasi. Data tersebut berupa naskah
soal, lembar jawab siswa, kunci jawaban dam juga kisi-kisi. Penelitian ini berupa
pengolahan angka. Program yang digunakan untuk penelitian ini adalah program
omputer MicroCat ITEMAN Versi 3.00. Hasil penelitian ini adalah tingkat kesukaran
butir 86,7% termasuk dalam kategori sedang atau sebanyak 39 butir soal dan 13,3%
termasuk dalam kategori mudah atau sebanyak 6 butir soal. 26,7 % butir soal
memiliki daya beda sedang, 62,2 % butir soal memiliki daya beda rendah dan 11,1 %
butir soal tidak mampu membedakan kemampuan siswa. Dalam hal ini antara indeks
daya beda dan tingkat kesukaran berlawanan. 77,8 % butir soal yang distraktornya
menjalankan fungsinya dengan baik, 8,9% butir soal distraktornya perlu untuk
direvisi dan 13,3% butir soal distraktor tidak berfungsi dengan baik sehingga harus
diganti. 80 % butir soal yang diterima, 8,9 % butir soal yang direvisi, dan 11.1 %
butir soal yang ditolak/dibuang. Besarnya reliabilitas tes sebesar 0,274 termasuk
dalam kategori rendah. Butir soal tes yang digunakan telah sesuai dengan kisi-kisi
penyusunan soal. Dilihat dari validitas konstruknya yaitu kesesuaian dengan kisi-kisi
sebanyak 45 butir soal sesuai dengan kompetensi dasar dan indikatornya. Sedangkan
untuk penulisan dan pemakaian kalimat yang efektif terdapat beberapa kesalahan
yaitu pada butir soal nomor 1, 11, 12, 19, 21, dan 32.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *60 DAYA BEDA, TINGKAT KESUKARAN, EKTIVITAS DISTRAKTOR, MICROCAT |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 07:26 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 07:26 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17182 |