NANIK WIJI ASTUTI (2015) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH DI KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (30kB)
Abstract.pdf
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (99kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (515kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (458kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (136kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (206kB)
Abstract
*44 Penelitian ini dilatarbelakangi karena keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah kelas XI Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah Wonosari masih rendah. Hal ini terjadi akibat dari metode pembelajaran yang digunakan kurang menarik karena hanya menggunakan metode ceramah dan mencatat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah dengan menerapkan Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Muhammadiyah Wonosari tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 29 siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw mampu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Aqidah. Baik keaktifan maupun prestasi belajar siswa meningkat secara bertahap. Pada siklus 1, keaktifan siswa mencapai 72,32%, siklus 2 meningkat menjadi 74,25% dan meningkat lagi pada siklus 3 menjadi 85,19%. Karena keaktifan siswa dalam pembelajaran semakin baik, maka prestasi siswapun juga baik. Hal ini terbukti dari perolehan persentase keberhasilan siswa saat postest, yaitu pada siklus 1 hanya 46,43%, kemudian meningkat pada siklus 2 menjadi 96,00% dan siklus 3 prestasi belajar siswa meningkat menjadi 100,00%. Ini membuktikan bahwa Cooperative Learning Tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *44 KEAKTIFAN, PRESTASI BELAJAR, COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW, AQIDAH |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 11 Jun 2022 04:14 |
Last Modified: | 11 Jun 2022 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17198 |