NARSIYATI (2015) PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI DI SEKOLAH DASAR ISLAM INTENSIF WALADUN SHOLIHUN PLAYEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (90kB)
Abstract.pdf
Download (16kB)
Bab I.pdf
Download (32kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (123kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (27kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (282kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (24kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
Abstract
*63 Penelitian yang berjudul Pelaksanaan Pendidikan Karakter Islami di
Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen Gunungkidul berlatar
belakang pada pelaksanaan pendidikan yang harus mencaku pranah kognitif,
afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengkaji tentang
makna pendidikan karakter Islami bagi guru Sekolah Dasar Islam Intensif
Waladun Sholihun Playen; (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter
Islami di Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen; (3) Mengetahui
hambatan dan strategi Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen
dalam pelaksanaan pendidikan karakter Islami.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif
dengan subjek seluruh siswa Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun
Playen yang berjumlah 103 siswa. Informan dalam penelitian ini adalah kepala
sekolah, guru dan wali murid. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara, observasi,dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa; (1) Pendidikan karakter Islami
adalah sebuah pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan karakter Islami
pada diri anak yang berlandaskan Al-Qur’an dan Al-Hadits serta menjadikan
Rasulullah Saw sebagai teladan kehidupan; (2) Pelaksanaan pendidikan karakter
Islami di Sekolah Dasar Islam Intensif Waladun Sholihun Playen dilaksanakan
dengan tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dalam
pelaksanaannya, sekolah sudah mampu melaksanakan tiga tahapan pelaksanaan
pendidikan karakter yaitu moral knowing, moral feeling dan moral acion; (3)
Hambatan dan strategi dialami oleh kepala sekolah, guru dan wali murid. Strategi
yang direncanakan sudah sesuai dengan hambatan yang ada, sehingga dapat
memberikan solusi untuk perbaikan pelaksanaan pendidikan karakter Islami
selanjutnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *63 PELAKSANAAN, PENDIDIKAN KARAKTER, KARAKTER ISLAMI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 04:05 |
Last Modified: | 29 Dec 2021 04:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17231 |