IX KAWATI (2015) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD NEGERI TAMBAKROMO I PONJONG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (348kB)
Abstract.pdf
Download (154kB)
Bab I.pdf
Download (98kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (116kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (329kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada anjuran untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada dirinya sendiri, keluarga dan orang lain. Selain itu kita harus merenungkan, memahami dan mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang yang belum bisa membaca Al-Qur’an tentunya akan merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membaca ataupun mempelajari Al-Qur’an yang tidak menyulitkaan terutama bagi pemula dan anak-anak. Prinsip pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Masalah dari penelitian ini adalah mengenai metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong serta bagaimana pelaksanaan dari metode-metode yang diterapkan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an serta pelaksanaannya di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong. Penelitian ini menggunakan meteode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasai. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo menggunakan metode klasikal, ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Pelaksanaan metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang diterapkan di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong secara garis besar sudah berhasil, akan tetapi perlu adanya evaluasi kembali agar metode yang diterapkan bisa berjalan lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | METODE, PEMBELAJARAN, BACA TULIS AL-QUR’AN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:14 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 04:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17232 |