METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD NEGERI TAMBAKROMO I PONJONG

IX KAWATI (2015) METODE PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD NEGERI TAMBAKROMO I PONJONG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (348kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada anjuran untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada dirinya sendiri, keluarga dan orang lain. Selain itu kita harus merenungkan, memahami dan mengamalkannya dikehidupan sehari-hari. Bagi sebagian orang yang belum bisa membaca Al-Qur’an tentunya akan merasa kesulitan untuk mempelajarinya. Oleh karena itu, diperlukan cara untuk membaca ataupun mempelajari Al-Qur’an yang tidak menyulitkaan terutama bagi pemula dan anak-anak. Prinsip pengajaran Al-Qur’an pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam metode, yang semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu agar anak-anak dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Masalah dari penelitian ini adalah mengenai metode apa saja yang diterapkan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong serta bagaimana pelaksanaan dari metode-metode yang diterapkan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an serta pelaksanaannya di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong. Penelitian ini menggunakan meteode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasai. Hasil penelitian menyatakan bahwa metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo menggunakan metode klasikal, ceramah, demonstrasi, dan tanya jawab. Pelaksanaan metode pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong melalui 3 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode pembelajaran baca tulis Al-Qur’an yang diterapkan di SD Negeri Tambakromo 1 Ponjong secara garis besar sudah berhasil, akan tetapi perlu adanya evaluasi kembali agar metode yang diterapkan bisa berjalan lebih maksimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: METODE, PEMBELAJARAN, BACA TULIS AL-QUR’AN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:14
Last Modified: 13 Jun 2022 04:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item
View Item