STUDI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ISMUBA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 STUDI KASUS MTS. MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

YUSUF HANAFIAH (2015) STUDI TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU ISMUBA PADA PROSES PEMBELAJARAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 STUDI KASUS MTS. MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (46kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)

Abstract

*12 Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa persoalan yang
dihadapi para guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013,
seperti kurangnya sosialisasi dari pemerintah, keterlambatan buku,
kesiapan tenaga pendidik, dsb.
Ada tiga aspek yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu proses
pembelajaran yang dilakukan oleh guru, tingkat kompetensi
pedagogik dan profesional guru, dan kendala-kendala yang dihadapi
oleh guru dalam implementasi kurikulum 2013. Penelitian bertujuan
untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik dan profesional guru
ISMUBA pada proses pembelajaran dalam implementasi kurikulum
2013. Penelitian ini mengambil studi kasus di MTs. Mu’allimin
Muhammadiyah Yogyakarta. Subjek dari penelitian ini adalah para
guru ISMUBA yang mengimplementasikan kurikulum 2013.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan
pendekatan atau metode kualitatif. Penelitian ini menggambarkan
suatu keadaan atau fenomena dalam proses pembelajaran yang
dilakukan para guru ISMUBA pada implementasi kurikulum 2013
secara naratif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini yaitu 1) observasi; 2) wawancara mendalam; dan 3) dokumentasi.
Adapun hasil atau kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan
bahwa pola pembelajaran yang diterapkan oleh para guru berbedabeda
satu dengan yang lainnya. Jadi, kesimpulannya para guru telah
cukup mampu dalam mengimplementasikan kurikulum 2013.
Adapun beberapa kendala yang dihadapi yaitu kurangnya sosialisasi,
keterlambatan pendistribusian buku, sistem penilaian yang rumit,
dan jumlah siswa yang diampu terlalu banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *12 KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, PROSES PEMBELAJARAN, IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 04:05
Last Modified: 11 Jun 2022 04:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17239

Actions (login required)

View Item
View Item