EDI PRAMONO MULIAWAN (2006) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SHAMPOO SUNSILK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (Abstract)
Abstract.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (320kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi segmentasi pasar produk shampoo Sunsilk sekaligus faktor-faktor yang menjadi alasan konsumen dalam memilihnya. Dengan populasi mahasiswa dari empat Perguruan Tinggi di Yogyakarta, 200 responden diminta untuk mengisi daftar pertanyaan dalam lembar kuisioner. Data yang diteliti adalah hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik responden, atribut produk dan data-data dasar segmentasi pasar, yang mengacu pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Puspitaningrum Pratiwi dan Basu Swastha Dharmmesta (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pasar shampoo Sunsilk ada enam faktor utama berdasarkan variabel'gaya hidup, dan lima faktor berdasarkan variabel manfaat. Enam faktor variabel gaya hidup adalah Faktor penampilan, Faktor kemampuan, Faktor organisasi, Faktor higienis dan prestasi, Faktor bisnis dan Faktor pendidikan, sementara lima faktor variabel manfaat adalah Faktor untuk kesehatan, Faktor untuk pergaulan, Faktor untuk penampilan, Faktor untuk rambut dan Faktor kualitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasar shampoo Sunsilk dapat disegmentasikan berdasarkan variabel gaya hidup, yaitu segmen aktif dan segmen pasif, dan berdasarkan variabel manfaat, yaitu segmen netral, segmen aktualisasi dan segmen perawatan. Namun demikian, antara segmen satu dengan yang lain tidak menunjukkan persamaan dan perbedaan proporsi karakteristik yang signifikan secara statistik berdasarkan karakteristik responden dan atribut produk yang melekat.
Dosen Pembimbing: | LELA HINDASAH, SE., M.SI | NIDN0531056801 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | SEGMENTASI PASAR |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 03:17 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 03:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17292 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |