ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SHAMPOO SUNSILK

EDI PRAMONO MULIAWAN (2006) ANALISIS SEGMENTASI PASAR PRODUK SHAMPOO SUNSILK. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi segmentasi pasar produk shampoo Sunsilk sekaligus faktor-faktor yang menjadi alasan konsumen dalam memilihnya. Dengan populasi mahasiswa dari empat Perguruan Tinggi di Yogyakarta, 200 responden diminta untuk mengisi daftar pertanyaan dalam lembar kuisioner. Data yang diteliti adalah hal-hal yang berkaitan dengan karakteristik responden, atribut produk dan data-data dasar segmentasi pasar, yang mengacu pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Puspitaningrum Pratiwi dan Basu Swastha Dharmmesta (2000). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pasar shampoo Sunsilk ada enam faktor utama berdasarkan variabel'gaya hidup, dan lima faktor berdasarkan variabel manfaat. Enam faktor variabel gaya hidup adalah Faktor penampilan, Faktor kemampuan, Faktor organisasi, Faktor higienis dan prestasi, Faktor bisnis dan Faktor pendidikan, sementara lima faktor variabel manfaat adalah Faktor untuk kesehatan, Faktor untuk pergaulan, Faktor untuk penampilan, Faktor untuk rambut dan Faktor kualitas. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pasar shampoo Sunsilk dapat disegmentasikan berdasarkan variabel gaya hidup, yaitu segmen aktif dan segmen pasif, dan berdasarkan variabel manfaat, yaitu segmen netral, segmen aktualisasi dan segmen perawatan. Namun demikian, antara segmen satu dengan yang lain tidak menunjukkan persamaan dan perbedaan proporsi karakteristik yang signifikan secara statistik berdasarkan karakteristik responden dan atribut produk yang melekat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SEGMENTASI PASAR
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:17
Last Modified: 13 Jun 2022 03:17
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item
View Item