METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL AMELIA SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE LIYE

LUTFI KUSUMA DEWI (2015) METODE PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL AMELIA SERIAL ANAK-ANAK MAMAK KARYA TERE LIYE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (917kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB)

Abstract

*45 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Amelia Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye dan untuk mengetahui relevansi metode pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Amelia Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye terhadap praktik pendidikan saat ini.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), menggunakan metode kualitatif non interaktif (analisis dokumen), dengan pendekatan sastra yaitu pendekatan objektif dan pragmatis. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumenter, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis isi dan semiotika.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa novel Amelia Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye terdapat banyak metode pendidikan Islam yang terkandung didalamnya diantaranya adalah metode keteladanan, metode dialog, metode kisah, metode perumpamaan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode pemberian hadiah dan pemberian hukuman, metode ceramah, metode demonstrasi, metode proyek, metode peringatan, dan metode praktik. Adapun relevansi antara metode pendidikan Islam yang terkandung dalam novel Amelia Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye terhadap praktik pendidikan saat ini memiliki keterkaitan yang sangat erat sebab, ilmu pengetahuan akan mudah diterima dan difahami oleh peserta didik apabila pendidik mampu menerapkan metodenya dengan tepat dan maksimal. Begitu juga dengan perkembangan pendidikan. Berkembang atau tidaknya pendidikan semua bergantung kepada proses dari praktik pendidikan yang ada. Sedangkan proses dalam praktik pendidikan tersebut bergantung kepada cara para pendidik mengelolanya. Sehingga novel Amelia Serial Anak-Anak Mamak karya Tere Liye cocok untuk digunakan oleh para pendidik sebagai bahan referensi tambahan yang relevan untuk menunjang pengajaran dalam proses pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *45 METODE PENDIDIKAN ISLAM, NOVEL, PRAKTIK PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 03:53
Last Modified: 11 Jun 2022 03:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item
View Item