HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN MCQ MAHASISWA KEDOKTERAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

FAHNUR DANANG WISNUWARDANI (2015) HUBUNGAN GAYA BELAJAR DENGAN NILAI UJIAN MCQ MAHASISWA KEDOKTERAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)

Abstract

Saat ini masih banyak mahasiswa kedokteran yang merasa kecewa dengan nilai MCQ yang mereka dapat. Hal ini dikarenakan banyak mahasiswa belum mengetahui faktor yang mempengaruhi nilai MCQ. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar mereka adalah gaya belajar mahasiswa tersebut. Gaya belajar merupakan suatu cara atau strategi belajar yang diterapkan setiap orang, gaya belajar dibagi menjadi 3 yaitu, visual yaitu gaya belajar yang menitik beratkan pada ketajaman penglihatan. Auditorial adalah gaya belajar yang menitik beratkan pada pendengaran. Kinestetik adalah gaya belajar yang menitik beratkan pada sentuhan ataupun praktek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gaya belajar dengan hasil belajar. Selain itu juga untuk mengetahui hubungan gaya belajar auditorial, visual, dan kinestetik terhadap hasil belajar atau prestasi.
Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain penelitian cross sectional untuk menentukan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Untuk analisis data menggunakan cara corelasi bivariat untuk melihat hubungan antar variabel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari 135 sampel mahasiswa kedokteran UMY angkatan 2010 yang dipilih secara acak, sebesar 41% menggunakan gaya belajar visual, sedangkan 40% menggunakan gaya belajar auditorial dan 19% menggunakan gaya belajar kinestetik. Pada uji corelation bivariate nilai p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GAYA BELAJAR, AUDITORIAL, VISUAL, KINESTETIK
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jun 2022 07:26
Last Modified: 11 Jun 2022 07:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17439

Actions (login required)

View Item
View Item