ARDHITAPRAMESTI A.H.P (2015) PENGARUH PEMAPARAN VIDEO ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN KOMUNIKASI DAN KESADARAN PADA ANAK AUTIS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (544kB)
Bab I.pdf
Download (349kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (402kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (384kB)
Naskah Publikasi.pdf
Download (525kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (97kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (186kB)
Abstract
*58 Anak autis mengalami kesulitan berkomunikasi dan gangguan kesadaran, terutama pembawaan diri dan pola bermain. Kedua gangguan pada anak autis tersebut tidak dapat disembuhkan, namun masih dapat diterapi. Terdapat berbagai terapi autis, salah satunya terapi yang memanfaatkan kelebihan anak autis di bidang visual. Terapi berupa video animasi interaktif yang mengintegrasikan unsur visual dan audio dapat digunakan untuk mendidik anak autis.
Penelitian ini berupa quasi eksperimental dengan desain pre test-post test control group design untuk menilai kemajuan komunikasi dan kesadaran anak autis pada awal dan akhir penelitian menggunakan kuisioner Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC). Terdapat 23 sampel anak autis tingkat sekolah dasar dari SLB Negeri 1 Bantul, SLB Negeri Pembina Yogyakarta, dan SLB Bina Anggita Yogyakarta. Sampel dibagi menjadi kelompok uji dan kelompok kontrol. Kelompok uji mendapat perlakuan berupa menonton video animasi interaktif sebanyak16 kali selama 5 minggu.
Analisa statistik menunjukkan bahwa kelompok uji mengalami penurunan skor ATEC subtes komunikasi yang signifikan setelah diberi perlakuan (p= 0,002), sedangkan pada kelompok kontrol tidak terjadi perubahan yang signifikan pada skor ATEC subtes komunikasi (p= 0,052). Setelah mendapatkan perlakuan, kelompok uji juga menunjukkan penurunan signifikan pada skor ATEC subtes kesadaran (p=0,000). Sedangkan kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan signifikan pada skor ATEC subtes kesadaran (p=0,081). Uji statistik terhadap mean pre-test dan post-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan perkembangan kesadaran yang bermakna antara kelompok uji dengan kelompok kontrol (p=0,006), serta perbedaan perkembangan komunikasi yang bermakna antara kelompok uji dengan kelompok kontrol (p=0,001).
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna pemberian video animasi interaktif terhadap peningkatan komunikasi dan kesadaran pada anak autis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *58 ATEC, ANAK AUTIS, KESADARAN, KOMUNIKASI, VIDEO ANIMASI INTERAKTIF |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 03:30 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 03:30 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17487 |