EFEKTIFITAS SOSIALISASI PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA KARYAWAN PENUNJANG MEDIS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMAD

M. ANGGI ASNET PRATAMA (2015) EFEKTIFITAS SOSIALISASI PROGRAM KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) TERHADAP PENGETAHUAN DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA KARYAWAN PENUNJANG MEDIS DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMAD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (779kB)

Abstract

*77 Alat Pelindung Diri (APD) adalah seperangkat alat yang digunakan untuk melindungi sebagian atau seluruh tubuh dari adanya potensi bahaya atau kecelakaan kerja.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas sosialisasi program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) terhadap pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada karyawan penunjang medis di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk praeksperimen dengan rancangan one group pretest posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh karyawan penunjang medis Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II, yang berjumlah 26 responden. Pengambilan data menggunakan observasi dengan instrumen kuisioner untuk variabel pengetahuan, serta lembar observasi untuk variabel kepatuhan. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji perbedaan antara pretest dan posttest.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari sebagian besar berkategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi, dengan nilai rerata sebesar 52,08 sebelum sosialisasi meningkat sebesar 9,58 atau 18,39% menjadi 61,65. Pada variabel kepatuhan juga terdapat peningkatan dari sebagian besar berkategori tidak patuh menjadi kategori patuh, dengan nilai rerata sebesar 1,54 meningkat sebesar 0,92 atau 57,69% menjadi 2,46.
Penelitian ini menunjukan bahwa ada efektifitas sosialisasi program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) terhadap pengetahuan dan kepatuhan penggunaan alat pelindung diri (APD) pada karyawan penunjang medis di rumah sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *77 EFEKTIFITAS, SOSIALISASI PROGRAM K3, PENGETAHUAN, KEPATUHAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:02
Last Modified: 10 Jun 2022 03:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17533

Actions (login required)

View Item
View Item