RESPONSIVITAS DINAS PERTANIAN KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PENYUSUNAN PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2009

NOURMA RIFQI AMALIA (2010) RESPONSIVITAS DINAS PERTANIAN KABUPATEN BANJARNEGARA DALAM PENYUSUNAN PROGRAM DAN KEGIATAN TAHUN 2009. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (898kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Kabupaten Banjamegara merupakan salah satu penghasil komditi kentang terbesar di Jawa Tengal Komoditi itu tepatnya berada di Dataran Tinggi Dieng. Tetapi belakangan ini lcualitas kentang yang dihasilkan menurun dan lahan-lahan yang ada disana mulai mengalami kerusalcan. Sehingga Dinas Pertanian Kabupaten Banjamegara, ditunjuk untuk dapat mengembalikan keadaan menjadi lebih bailc
Penelitian dalam penyusunan skripsi ini adalah menggunakan jcnis penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan unit analisis yaitu Dinas Pcrtanian Kabupaten Banjamegara, menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan indikator-indikator yang berpengaruh pada responsivitas Dinas Pertanian Kabupaten Banjarnegam dalam pcnyususna program dan kegiatan dan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan kuesioner yang diberikan untuk mengetauhi respon-respon masyarakat terkait penyusunan program dan kegiatan Dinas Pertanian Kabupaten Banjamegara. Responsivitas Dinas Pertanian sangat baik dan berhasil. Karena memiliki capaian yang jelas yaitu adanya peningkatan kesejahteran hidup para petani kentang di Dieng melalui program dan kegiatan penggantian kentang biasa menjadi kentang organik. Dimana program dan kegiatan ini merupakan wujud nyata responsivitas Dinas Pertanian terhadap perrnasalahan yang berkaitan dcngan pertanian. Sehingga masyuntkat merasa sangat terwakili. Tctapi dalam aspek peran serta aktif masyarakat kurang dapat berperan secara aktif dalam penyusunan program dan kegiatan. Sehingga masyarakat belum mengetahui secara detail dan transparan bagaimana program dan kegiatan disusun dan direncanakan. Dalam hal ini masyarakat perlu diikutsertakan agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang dapat menimbulkan berkurangnya kepercayaan masyarakat terhadap program dan kegiatan Dinas Pertanian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: DINAS PERTANIAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:03
Last Modified: 10 Jun 2022 03:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17539

Actions (login required)

View Item
View Item