HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II

KHAIRUN YUSFI (2015) HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

*161 Kinerja tenaga kesehatan terutama perawat yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan merupakan masalah yang sangat penting untuk diperhatikan dalam rangka mempertahankan dan meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit, telah disusun standar pelayanan rumah sakit yang diberlakukan melalui SK Menkes No.436/MENKES/SK/VI/1993 dan standar asuhan keperawatan yang diberlakukan melalui SK Dirjen Yanmed No YM.00.03.2.6.7637 tahun 1993.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kinerja perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Anjar (2008) diketahui bahwa kualitas layanan secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kepuasan pasien.
Responden dalam penelitian ini adalah pasien RS PKU Muhammadiyah sebanyak 77 pasien yang diambil menggunakan rumus purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain survey dan pendekatan waktu secara cross sectional. Untuk menguji validitas data dalam penelitian ini, dengan melihat output Cronbach Alpha pada kolom Correlated Item-Total Correlation.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki kepuasan pelayanan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II dengan kategori baik yaitu sebanyak 29 (80,6%), dan tingkat kepuasan kategori cukup sebanyak 4 (11,1%). Diketahui bahwa sebagian besar perawat memiliki kinerja dengan kategori baik yaitu sebanyak 27 (75,0%), dan yang memiliki kinerja kategori cukup sebanyak 3 (8,3%). Terdapat hubungan antara kinerja perawat dan kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II, dibuktikan dengan nilai Person Correlation (R) sebesar 0,642 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (P

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *161 HUBUNGAN KINERJA PERAWAT DAN KEPUASAN PASIEN.
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 09:45
Last Modified: 09 Jun 2022 09:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17560

Actions (login required)

View Item
View Item