PENGARUH VOLUME EKSTRAK DAUN MINT (MENTHA PIPERITA) YANG DITAMBAHKAN PADA RESIN AKRILIK POLIMERISASI KIMIA TERHADAP KEKERASAN

DYAH AYU ANINDYA SUSANTI (2015) PENGARUH VOLUME EKSTRAK DAUN MINT (MENTHA PIPERITA) YANG DITAMBAHKAN PADA RESIN AKRILIK POLIMERISASI KIMIA TERHADAP KEKERASAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (732kB)

Abstract

*150 Resin akrilik merupakan bahan yang sering digunakan sebagai basis gigi tiruan. Resin akrilik adalah turunan etilen yang mengandung gugus vinil dalam rumus strukturnya. Pemilihan resin akrilik sebagai basis gigi tiruan dikarenakan bahan ini memiliki sifat tidak toksik, tidak iritatif, tidak larut dalam cairan mulut, estetik baik, mudah dimanipulasi, reparasinya mudah, dan perubahan dimensinya kecil. Meskipun demikian, resin akrilik jua memiliki kekurangan yaitu kandingan monomer metakrilat yang ada didalamnya yang menghasilkan aroma tidak enak saat proses manipulasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh volume ekstrak daun mint (Mentha piperita) yang ditambahkan pada resin akrilik sebelum polimerisasi terhadap kekerasan lempeng akrilik. Sebanyak 15 sample penelitian berupa lempeng resin akrilik berukuran 64X10X3,3 mm yang dibagi kedalam 3 kelompok berbeda, yaitu kelompok 1 tanpa penambahan ekstrak daun mint, kelompok 2 dengan penambahan ekstrak daun mint sebanyak 0,25 ml, dan kelompok 3 dengan penambhan ekstrak daun mint sebanyak 0,5 ml. Kemudian seluruh sample dibiarkan agar terjadi proses polimerisasi yang sempurna lalu dilanjutkan dengan melakukan pengujian kekerasan menggunakan alat Micro Hardness Vickers menggunakan pembebanan sebesar 10 gf.
Hasil uji statistik parametrik komparatif Oneway Anova menunjukan terdapat pengaruh penambahan ekstrak daun mint (p < 0,05), terdapat perbedaan nilai kekerasan yang bermakna antar kelompok. Kemudian dari hasil uji LSD (Least Significant Different) menunjukan terdapat adanya perbedaan nilai kekerasan resin akrilik yang signifikan antara setiap kelompok pada penelitian ini. Sehingga penambahan ekstrak daun mint (Mentha piperita) berpengaruh terhadap kekerasan resin akrilik polimerisasi kimia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *150 RESIN AKRILIK, EKSTRAK DAUN MINT, KEKERASAN MICRO VICKERS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 09:37
Last Modified: 09 Jun 2022 09:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item
View Item