HANASTO (2015) METODE PEMBINAAN AKHLAK SISWA BERBASIS AL-QUR’AN DI MTS MUHAMMADIYAH WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (206kB)
Bab I.pdf
Download (154kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (143kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (72kB)
Abstract
*14 Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pembinaan akhlak berbasis al
qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari, faktor pendukung, dan penghambat
serta implikasinya terhadap perilaku siswa.
Penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan “studi kasus”,
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan perpanjangan
keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi, kemudian data dianalisis
secara deskriptif-analitik.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pembinaan akhlak siswa di MTs
Muhammadiyah Wonosari dilakukan dengan berbasiskan al Qur’an yaitu dengan
menggunakan empat metode dasar yaitu dengan metode perintah, larangan,
targhib, dan tarhib, serta disempurnakan dengan metode lain seperti metode
kisah, dialog, pembiasaan dan tauladan. Didukung dengan program unggulan,
yaitu Tahsinul Qur’an, Tahfidzul Qur’an dan Takwinul mubalighin, serta
pembiasaan ibadah yaumiyah yang di kontrol dengan sistem poin.(2) Proses
pembinaan akhlak siswa berbasis al qur’an di MTs Muhammadiyah Wonosari
berimplikasi positif bagi tumbuhnya perilaku yang baik dalam diri siswa dalam
beberapa aspek seperti taat pada tata tertib, tertib beribadah, mampu membaca dan
menghafal al qur’an serta perkembangan akhlak yang baik. (3) Dalam
pelaksanaan pembinaan akhlak di MTs Muhammadiyah Wonosari, terdapat
beberapa faktor penghambat dari dalam, seperti jumlah siswa yang terlalu banyak,
dan keterbatasan kualitas input siswa. Penghambat dari luar, seperti lingkungan
yang kurang kondusif, dampak negatif media sosial dan sebagainya. (4) Terdapat
juga kekuatan yang berasal dari dalam seperti, pembinaan akhlak merupakan salah
saru prioritas utama, sehingga banyak metode yang dilakukan. Selain itu terdapat
penunjang dari luar seperti dukungan kuat dari orang tua, dukungan dari
pemerintah pada pendidikan karakter dan sebagainya
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *14 PEMBINAAN, AKHLAK, AL QUR’AN |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 09:15 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 09:15 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17606 |