MUHAMMAD IMAN SEPTIAN (2008) STRATEGI DINAS PERDAGANGAN PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN EKSPOR PRODUK KULIT KE PASAR AMERIKA SERIKAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (167kB)
Bab I.pdf
Download (482kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (193kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (62kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24kB)
Abstract
Sektor perdagangan merupakan sektor penting bagi setiap negara dalam perolehan devisa yang perkembanganya tidak bisa terlepas dari perkembangan sektor lainnya serta sangat dipengaruhi oleh kondisi internal maupun eksternal. Dari lingkungan strategis di luar negeri, telah diketahui bersama kecenderungan terbentuknya pasar gjobal telah melahirkan implikasi persaingan yang semakin ketat bukan saja pada aktivitas ekspor, namun juga merambah perdagangan di dalam negeri dengan membanjUnya produk, barang dan jasa impor. Situasi dan kordisi seperti terscbut di atas telah memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap perelconornian Indonesia, yang tentunya juga berimbas pada perekonornian daerah Propinsi DIY pada umumnya, dan sektor perdagangan pada khususnya. Paska dikeluarkannya kebijakan pemerintah mengenai otonomi daerah, maka setiap propinsi diberi kewenangan untuk mengatur roda perekonomian dan pembangunan daerahnya masing-masing. Diberinya kewenangan kepada daerah untuk melakukan hubungan yang saling menguntunglcan dengan lembaga/badan di luar negeri telah membawa dimensi baru dalam pelaksanaan politik luar negeri RI. Meskipun dari sudut perundang-undangan, politik luar negeri merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun dalam pelaksanaannya tidak dapat dipisahkan dari gerak dan kepentingan daerah. Kerjasama oleh pemerintah daerah dengan lembaga/pihak di luar negeri jelas merupakan peluang bagi percepatan pembangunan daerah yang chdam pclalcsanaannya harus memberi manfaat pada masyarakat dacrah terutama dalam segmen pelayanan publik. bxlustri barang kulit pada umumnya dan kerajinan kulit pada khususnya merupakan salah satu komoditi unggulan dan primadona ekspor dari DIY. Komoditi ini menempati posisi tertinggi dalam ekspor dari DIY. Produk tersebut antara lain, kerajinan tas, dompet, ikat pinggang, kerajinan tatah sungging, sarung tangan kulit dll. Amerika Serikat merupakan pasar yang sangat potensial dan sejak dahulu menjadi sasaran utama para cksportir asal prop. DIY sebagai pasar utama dalam memasarIcan produk ckspor. Untuk produk ekspor kulit, pada tahun 2005-2006 terus mengalami kenailcan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENINGKATAN EKSPOR |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 09 Jun 2022 07:53 |
Last Modified: | 09 Jun 2022 07:53 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17730 |