PERAN DINAS TENAGA KERJA KOTA BATAM DALAM PENYALURAN TENAGA KERJA INDONESIA KELUAR NEGERI TAHUN 2005-2006

RIANA MOLIEN (2007) PERAN DINAS TENAGA KERJA KOTA BATAM DALAM PENYALURAN TENAGA KERJA INDONESIA KELUAR NEGERI TAHUN 2005-2006. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (743kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)

Abstract

Dalam menyalurkan Tenaga Kerja Indonesia ke luar negeri, Disnakertrans Kota Batam melakukan beberapa peran yang saling berkaitan. Seperti Penyuluhan dan Pendataan CTKI (Calon Tenaga Kerja Indonesia), Perekrntan dan seleksi CTKI, Pemberangkatan CTKI, Penempatan dan Perlindungan Cl'Kl. Semua itu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mencegah adanya TKI illegal, eksploitasi TKI seperti: trafficking, penempatan TKI yang tidak sesuai dengan yang dijanjkin, upah dibawah standar, penyiksaan yang dilakukan ruajilcan dan lain sebagainya. Selain itu untuk meningkatican keterampilan CTKI. Sehingga Disnakertrans Kota Batam bisa mengirim TM yang professional, yaitu yang sesuai dengan kemampuan, dan kapasitas masing¬masing Disnakertrans dalam menjalankan perannya ini bekerjasama dengan PPTKIS, karena lembaga inilah yang menerima pendaftaran CTKI. Lembaga ini juga melakukan perekrutan/penyeleksian dan pembinaan kepada CTKI.
Pecan Dinas tenaga kerja Kota Batam dalam menyalurkan Tenaga Kerja Indonesia Ke bar negeri, dengan melalui beberapa kegiatan di alas, sudah mengindilcasilcan basil yang positif. Hal ini dapat dilihat dari beberapa kemajuan yang berkaitan dengan Tenaga Kerja Indonesia, misalnya minimnya TKI illegal yang berasal dari Kota Batam, meningkatnya penempatan TM secara professional di sector formal maupun informal, dan minimnya kekerasan yang diterima TKI asal Kota Batam. Hal ini terjadi karena adanya sistem penyuluhan, perekrutan, pemberangkatan, penempatan dan perlindungan yang dilakukaan Disnakertrans Kota Batam secara maksimal optimal dan sistematis. Namun dalam menjalankan pecan tersebut Disnakertrans Kota batam tuasih menemui persoalan, misalnya masalah klasik yaitu kualitas Sumber Daya Manusia yang nantinya sangat mempengaruhi keterampilan dan perilak-u seseorang claim menjalankan tugasnya

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TKI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:28
Last Modified: 10 Jun 2022 07:28
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17747

Actions (login required)

View Item
View Item