WIDYASTUTI (2003) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI TAKTIL DENGAN TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK PRASEKOLAH DI TKIT NURUL ISLAM GAMPING YOGYAKARTA 2003. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (144kB)
Bab I.pdf
Download (179kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (115kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (399kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (48kB)
Abstract
Pada umumnya seorang ibu merupakan pengaruh yang besar terhadap perkembangan sosial anak karena dia dapat menentukan berapa banyaknya stimulasi taktil dan pada saat apa stimulasi tersebut diberikan pada anak, maka seorang ibu hendaklah mempunyai pengetahuan yang balk tentang stimulasi tersebut yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial analc Falctor-faktor dalam keluarga yang dapat mempengaruhi tingkat perkembangan sosial anak adalah stimulasi ibu,sosial ekonomi, keutuhan keluarga, sikap dan kebiasaan orang tin, status anak dan besar kecilnya keluarga.
Jenis penelitian ini adalah non experimen dengan menggunakan rancangan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik non random yaitu purposive sampling sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi, tehnik pengolahan data dengan menggunakan uji Kendall's tau dengan bantuan komputer (SPSS).
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi taktil dengan tingkat perkembangan sosial anak prasekolah, diperoleh nilai T hitung 0,472, nilai signifikan p = 0,005, dengan taraf kepercayaan a = 0,01.
Dengan demilcian diperlukan peningkatan asuhan keperawatan anak dan peningkatan peran dan fungsi perawat, petugas kesehatan dengan cars meningkatkan kualitas anak, dilakukan dengan cam menyuluh ibu dan anggota keluarga lain agar mampu menerapkan stimulasi khususnya stimulasi taktil, karena masa prasekolah merupakan masa anak belajar melakukan hubungan sosial, bergaul, mandiri serta berpartisipasi dengan orang-orang diluar lingkungan nunah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | STIMULASI TAKTIL |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 07:17 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 07:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17759 |