HUBUNGAN ANTARA POLA PERAWATAN ORANG TUA PADA ANAK TUBERKULOSIS PRIMER DENGAN LAMA WAKTU PENYEMBUHAN ANAK USIA 1-4 TAHUN DI POLIKLINIK ANAK RSUD PURWORJO

EKO RIYANTI (2004) HUBUNGAN ANTARA POLA PERAWATAN ORANG TUA PADA ANAK TUBERKULOSIS PRIMER DENGAN LAMA WAKTU PENYEMBUHAN ANAK USIA 1-4 TAHUN DI POLIKLINIK ANAK RSUD PURWORJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (194kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)

Abstract

Latar belakang : Tuberkulosis Primer Paru disebut juga penyakit tuberkulosis pada bayi dan anak sena merupakan penyakit sistemik juga penyakit menular yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosa tipe humanus. Penatalaksanaan tuberkulosis primer berhubungan dengan sccara perawatan dan medik. Penyembuhan pusiett tubcrkulosis primcr hanya dcngan pengobatan yang spcsifik dan adekuat ditunjang perawatan yang benar, sehingga pasien tuberkulos-is primer dapat sembuh dalam waktu 1 tahun. Lama waktu pengobatan yang lebih panjang dapat menyebabkan pasien drop out sehingga reaktifitas infeksi dapat terjadi tubcrkulosis milicr dan mcningitis yang mengenai selaput otak menyebabkan kematian. Tujuan : tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan antara pola perawatan orang tua pada anak tuberkulosis primer dengan lama waktu penyembuhan anak usia 1-4 tahun di poliklinik anak RSUD Purworejo. Metodologi Penelitian : Jenis penelilian ini adalah survei dengan pendekatan cross sectional, manfaat penelitian yang didapatkan adalan ApIlied research. Responden penelitian sebanyak 30 pengambilan sampel secaraJudgment non random sampling. Pengumpulan data pada pola perawatan orang tua terhadap anak tuberkulosis primer menggunakan kuesioner sedangkan lama waktu penyembuhan dengan check list. Selanjutnya dilakukan uji statistic analisis korelasi (uji t). Qasll penelltlan tliperulen . adanya hubungan ncgatif signifthan yang bennaktut antara pola perawatan orang tua pada anak tuberkulosis primer dengan lama waktu penyembuhan anak usia 1-4 tahun di poliklinik anak RSUD Purworejo di dapat t hitung = —13.165 dan t tabel —1.960 dengan nilai a : 0.05 sehingga di simpulkan adanya hubungan antara kedua variabel. Saran : Saran bagi ilmu perawatan anak perlu dikembangkan penelitian penyakit anak yang sering terjadi di masyarakat khususnya tuberkulosis primer sebagai acuan pemberian asuhan keperawatan yang baik. Bagi masyarakat khususnya ibu yang mempunyai anak tuberkulosis primer agar aktif mencari informasi dan tidak merasa malu terhadap penyakit anaknya. Bagi rumah sakit bagian poliklinik anak untuk untuk tetap memberikan pelayanan pengobatan terhadap penderita tuberkulosis primer dengan meningkatkan mutu pclayanan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAWATAN , TUBERKULOSIS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:34
Last Modified: 09 Jun 2022 07:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17786

Actions (login required)

View Item
View Item