PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG ASI TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BAYI DI DUKUH PATUKAN DAN GAMPING TENGAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I SLEMAN YOGYAKARTA

ANITA SETYO RINI (2004) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG ASI TERHADAP KEJADIAN ISPA PADA BAYI DI DUKUH PATUKAN DAN GAMPING TENGAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GAMPING I SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)

Abstract

Latar belakang : Infeksi Saluran Pemafasan Akut merupakan penyebab kematian utama pada bayi baik di negara berkembang maupun dinegara maju. Masih tingginya angka prevalensi penyakit ISPA, menunjukkan bahwa angka keberhasilan upaya kesehatan masih rendah, Untuk itu diperlukau berbagai upaya untuk menurunkan prevalensi penyakit ISPA dengan upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Upaya preventif dilakukan dengan cara memherikan pendidikan keschatan kepada ibu tentang ASI dalam kaitannya dengan pencegaban penyakit ISPA. Tujuan Penelitian : Diketahuinya perbedan kejadian ISPA pada bayi antara sebelum dan setelah diberikan inte-vensi pendidikan kesehatan tentang ASI di Dukuh Patukan dan Gamping tengah di wilayah kerja Puskesmas Gamping I.Hipotesa: Ada perbedaan kejadian ISPA pada bayi antara sebelum dan seteIah diberikan intervensi pendidikan kesehatan tentang AS[ di Dukuh Patukan dan Gamping tengah di wilayah kerja Puskesmas Gamping I Metodologi Penelitian : Eksperimen scmu atau Quasi Eksperimen dengan Time series design dengan jumlah sarnpel 35 dan jumlah populasi 130. Variabel bebas: Pendidikan kesehatan tentang ASI dan variabel terikat: kejadian ISPA Pengumpulan data menggunakan Instrumen Check list. Uji statistik menggunakan uji Wileoxon. ilasil Penelitian: Menunjukka bahwa secarastatistik ada perbedaan kejadian 1SPA sebelum dan sesudah diberikan Pendidikan Kesehatan dengan taraf signifikan 0.05 yaitu 0,36. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat dibuat kesimpulan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang ASI terhadap kejadian ISPA di Dukuh Patukan dan Gamping Tenaah di wilayah kerja Puskesmas Gamping I Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ASI, ISPA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:34
Last Modified: 09 Jun 2022 07:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17792

Actions (login required)

View Item
View Item