HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TIRAH BARING DENGAN PERAN SERTA IBU DALAM MEMPERTAHANKAN TIRAH BARING PADA ANAK DENGAN TRAUMA KEPALA DI RUANG DAHLIA RUMAH SAKIT DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL 2003

MURYANI (2003) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG TIRAH BARING DENGAN PERAN SERTA IBU DALAM MEMPERTAHANKAN TIRAH BARING PADA ANAK DENGAN TRAUMA KEPALA DI RUANG DAHLIA RUMAH SAKIT DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL 2003. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (408kB)

Abstract

Tirah baring merupakan salah satu terapi pada trauma kepala, namun jika terjadi pada anak sulit dilakukan dikarenakan sifat anak yang selalu ingin bergerak sementara naluri seorang ibu akan berusaha melindungi dan memberikan kenyamanan dengan mengendong anaknya kesana kemari. Tanpa disadari tindakan dari ibu dapat memperparah kondisi anaknya. Tujuh dari sepuluh ibu yang anaknya dirawat dengan trauma kepala menunjukkan peran serta dalam mempertahankan tirah baring rendah. Berdasarkan observasi menunjukkan peran serta ibu diruang Dahlia rendah dibuktikan dengan 7 dari 10 ibu yang anaknya dirawat dengan trauma kepala digendong kesana kemari. Faktor-faktor yang mempengaruhi peran serta ibu dalam mempertahankan tirah baring diantaranya : tingkat pengetahuan, tin 4 kat pendidikan, sosial ekonotni dan budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan peran serta ibu dalam mempertahankan tirah baring diruang Dahlia RSD Panembahan Senopati Bantul. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah Survei analitik dengan rancangan Cross SeCtional. Instrumen yang digunakan untuk mengeta.hui tingkat pengetahuan dan peran serta ibu menggunakan kuesioner dengan tehnik pengambilan sampel secara purpusif sampling dengan kriteria sampel antara lain semua ibu yang anaknya 1 12 tahun dan sedang menjalani tirah baring dengan trauma kepala ringan dan sedang, dirawat di ruang Dahlia, pendidikan ibu minimal SD dan responden mau diajak bekerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TIRAH BARING, TRAUMA KEPALA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 10 Jun 2022 06:03
Last Modified: 10 Jun 2022 06:03
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17806

Actions (login required)

View Item
View Item