APLIKASI YOWIS SEBAGAI MEDIA INFORMASI WISATA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID

FIKRI. M (2015) APLIKASI YOWIS SEBAGAI MEDIA INFORMASI WISATA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Yogyakarta merupakan salah satu daerah wisata yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan alam, seni dan pesona budaya menjadi andalan yang ditawarkan oleh salah satu daerah istimewa di Indonesia tersebut. Perkembangan teknologi yang pesat membuat pencarian informasi tentang pariwisata menjadi sangat mudah. Developer berlomba membangun website yang menarik dan mudah digunakan yang menyajikan segala informasi terkait Yogyakarta. Tapi saat ini, semenjak ponsel pintar berbasis Android rilis, kemudahan memperoleh sistem operasi ini tentu saja memberikan kesempatan besar pada pengguna mobile phone untuk melakukan migrasi dari aplikasi web. Pemanfaatan smatrpnone berbasis android dapat digunakan untuk pertukaran informasi sebagai perbaikan dari fasilitas yang telah ada pada web. Ponsel pintar yang dewasa ini banyak dilengkapi dengan aplikasi berbasis android yang dapat dijadikan salah satu sarana untuk penyampaian informasi pariwisata untuk menunjang kebutuhan wisatawan yang akan melancong ke suatu daerah. Aplikasi ini bertujuan membangun sistem informasi pariwisata Yogyakarta berbasis android yang akan menampilkan posisi objek wisata beserta informasi lainnya.
Data yang digunakan adalah data yang diambil dari website-website tentang pariwisata Yogyakarta. Tahapan pembuatan sistem yaitu menyiapkan bagian server, terdiri dari localhost dan webserver; basisdata dan connected file yang berfungsi sebagai perantara perangkat android dengan server; membangun sistem di perangkat android yang bertindak sebagai client.
Aplikasi yang dihasilkan berjalan normal dalam Android versi 2.3 ke atas. Penyajian objek wisata disajikan dalam bentuk kategori wisata dan peta dengan sumber GoogleMaps. Penambahan informasi detail pada objek wisata dimaksudkan untuk memberikan informasi kepada pengguna untuk memilih lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Hasil pengujian blackbox menunjukkan bahwa aplikasi yang dibuat dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *153 ANDROID, SERVER, WISATA
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 09 Jun 2022 07:09
Last Modified: 09 Jun 2022 07:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/17986

Actions (login required)

View Item
View Item