Evrijhon Eka Putra (2020) ANALISIS KINERJA JARINGAN VERY SMALL APARETURE TERMINAL (VSAT) PADA PT. PASIFIK SATELIT NUSANTARA (PSN) CIKARANG. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (521kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab I.pdf
Download (16kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (537kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (949kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (600kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Very Small Aperture Terminal (VSAT) merupakan sistem media pemancar komunikasi data berbasis satelit yang mencangkup ke berbagai stasiun terpencil. Di Indonesia VSAT menjadi pilihan yang tepat untuk pengguna jaringan telekomunikasi dalam mengirim dan menerima sinyal. Penggunaan teknologi VSAT sudah berkembang pesat di kalangan perusahan atau industri. Perangkat pada VSAT sangat peka terhadap gangguan yang bisa akan menurunkan kinerja jaringan VSAT itu sendiri. Pada tugas akhir ini menganalisis kinerja jaringan VSAT berdiameter 97cm di PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Cikarang, dengan menghitung parameter kinerja yaitu Delay, Data Rate dan Service Level. Analisi kinerja parameter dari VSAT ini sangat penting karna untuk mengetahui kualitas dari layanan sistem kinerja dari jaringan VSAT itu sendiri. Standar kualitas jaringan pada VSAT untuk nilai Delay dan Data Rate PT. Pasifik Satelite Nusantara (PSN) atas dasar pegangan parameter TIPHON (Telecomunication and Internet Protocol Harmonization Over Network). Nilai dari Delay dihasilkan 500-700ms termasuk jelek dan nilai rata-rata dari Data Rate didapat 597Kbps buruk. Nilai rata-rata dari tiga bulan pada Service Level telah mencapai 99,88%. Jumlah tersebut adalah hasil perhitungan tingkat pelayanan dan hasil telah melampaui tingkat pelayanan standar yang telah ditetapkan PT Pasifik Satelite Nusantara (PSN) adalah 99.55%.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:28 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 02:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1799 |