REPRESENTASI RASISME DALAM FILM “DJANGO UNCHAINED” (ANALISIS SEMIOTIK DALAM FILM “DJANGO UNCHAINED”) RACISM REPRESENTATION IN FILM “DJANGO UNCHAINED” (SEMIOTIC ANALYSIS IN FILM “DJANGO UNCHAINED”)

PUTRI ANIFAH (2015) REPRESENTASI RASISME DALAM FILM “DJANGO UNCHAINED” (ANALISIS SEMIOTIK DALAM FILM “DJANGO UNCHAINED”) RACISM REPRESENTATION IN FILM “DJANGO UNCHAINED” (SEMIOTIC ANALYSIS IN FILM “DJANGO UNCHAINED”). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

*189 Rasisme merupakan konsep yang cair yang sangat dekat kehidupan masyarakat tidak hanya permasalahan rasisme warna kulit namun permasalahan rasisme agama, ras dan gender pun masih banyak terjadi disekitar kita. Film Hollywood selalu menempatkan sosok kulit putih sebagai Hero dan kulit gelap sebagai sosok yang tertindas dan tak berdaya, namun dalam film “Django Unchained” menghadirkan sosok kulit gelap yang menjadi Hero dari awal film hingga diakhir film. Hal inilah yang menarik peneliti untuk meneliti film ini.
Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah kualitatif interpretif dengan menggunakan analisis semiotik Rolland Barthes tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tanda-tanda rasisme yang ada di dalam film Django Unchained dan mengkaitkannya dengan mitos yang berkembang di masyarakat. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yaitu representasi dalam media, film sebagai media representasi dan rasisme dalam film.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa film Django Unchained yang pada awalnya menampilkan orang kulit gelap sebagai sosok Hero. Namun dibalik itu ternyata orang kulit gelap tetap membutuhkan bantuan dari orang kulit putih atau dapat disebut juga orang kulit gelap hanya menjadi side kick orang kulit putih, kemudian penemuan peniliti lainnya adalah orang kulit gelap berada pada kelas sosial kedua dan selalu menjadi kaum yang tertindas

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *189 RASISME, FILM HOLLYWOOD, SEMIOTIKA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:18
Last Modified: 07 Jun 2022 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18038

Actions (login required)

View Item
View Item