Nisa Trianingrum (2020) HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK MAHASISWA PROFESI KEDOKTERAN GIGI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (688kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (283kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
INTISARI
Latarbelakang : Komunikasi terapeutik merupakan komponen penting dalam komunikasi antar dokter gigi dan pasien. Terciptanya Komunikasi terapeutik yang baik akan memberikan kepuasan tersendiri oleh pasien, yang pada akhirnya akan mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diberikan. Komunikasi terapeutik penting untuk diajarkan pada mahasiswa profesi agar kektika lulus menjadi seorang dokter gigi akan dapat melakukan komunikasi terapeutik dengan baik pada pasien. Penelitian ini bertujuan menilai adanya hubungan antara keterampilan komunikasi mahasiswa profesi terhadap kepuasan pasien di RSGM UMY.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 78 pasien dan mahasiswa profesi angkatan 2012. Besar sampel ditentukan secara total sampling. Analisis data dengan analisa univariate dan analisis bivariate.
Hasil dan Pembahasan : Hasil penelitian ini kategori baik sebagian besar puas dengan komunikasi yang dilakukan oleh mahasiswa profesi kedokteran gigi UMY sebanyak 36 orang (46,2%), dan sebanyak 25 orang (32,1%) merasa sangat puas. Pasien yang mendapatkan komunikasi terapeutik kategori cukup sebagian besar puas terhadap komunikasi mahasiswa profesi kedokteran gigi, hasil yang didapatkan yaitu sebanyak 14 orang (17,9%), sedangkan yang merasa sangat puas sebanyak 2 orang (2,6%), dan kategori netral sebanyak 1 orang (1,3%).
Kesimpulan : ada hubungan yang signifikan Antara komunikasi terapeutik mahasiswa profesi kedokteran gigi dengan kepuasan pasien di RSGM UMY.
Dosen Pembimbing: | Dr. drg. Tita Ratya Utari, Sp. Ortdr. and Oryzati Hilman, MSc.CMFM, | NIDN0523027302, NIDN0508017002 |
---|---|
Item Type: | Thesis (D3) |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Administrasi Rumah Sakit |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:32 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:48 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |