Sachrin Fadullah Hasan (2020) Penyimpangan Perilaku Komunikasi Pada Player PUBG Studi Deskriptif Terhadap Perilaku Mahasiswa di Yogyakarta Pengguna Game PUBG. D3 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (411kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (135kB)
Bab I.pdf
Download (376kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (105kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (864kB)
Abstract
PUBG merupakan salah satu game terpopuler saat ini dengan genre perang yang tersedia secara mobile maupun dekstop. Pengguna yang mengalami kecanduan dapat berdampak terhadap perubahan perilaku. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian pada dampak game online PUBG pada perubahan perilaku mahasiswa di Kota Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan kerangka teori new media, game online dan teori perilaku. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dengan sumber data berasal dari wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan lima orang informan yang sedang menempuh pendidikan di Kota Yogyakarta dan bermain game PUBG.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dampak perubahan terhadap kepribadian para mahasiswa dan mahasiswi menjadi suka berbohong dan malas dalam melakukan aktivitas lainnya. Sementara itu terhadap perubahan kepribadian menjadi suka mencuri hanya satu informan saja yang melakukan hal tersebut. Perubahan kepribadian kurang bergaul dan menjadi agresif terdapat tiga orang responden mengalami perubahan tersebut. Dampak perubahan terhadap pendidikan mahasiswa dan mahasiswi ditinjau dari tingkat masuk kuliah semua responden menjadi kerap melakukan bolos kuliah, tiga orang responden mengalami kesulitan belajar, empat orang responden menjadi cuek, acuh dan kurang peduli terhadap kewajiban kuliah. Dampak perubahan perilaku dalam bermain game PUBG terhadap keluarga dan masyarakat ditinjau dari perasaaan empati atau memahami perasaan orang lain menunjukan bahwa semua responden kurang memahami perasaan orang lain, satu orang responden menjadi kasar, semua responden malas untuk beradapatasi dan dua orang responden mengaku melawan orang tua saat dilarang bermain game tersebut.
Item Type: | Thesis (D3) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 06:31 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 07:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1808 |