STRATEGI KREATIF IKLAN SEBAR QURBAN NUSANTARA PKPU VERSI “KUTUNGGU QURBANMU” OLEH SYAFA’AT MARCOMM YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PEKURBAN

SURYA RAHMANDANU (2015) STRATEGI KREATIF IKLAN SEBAR QURBAN NUSANTARA PKPU VERSI “KUTUNGGU QURBANMU” OLEH SYAFA’AT MARCOMM YOGYAKARTA UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PEKURBAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

*170 Program Sebar Qurban Nusantara (SQN) adalah program dari Pos Keadilan
Peduli Ummat (PKPU) yang bergerak dalam bidang pengumpulan dan
pendistribusian hewan qurban ke berbagai pelosok daerah di Indonesia dan
mancanegara. Pada Idul Adha 1433 Hijriyah program SQN melakukan kampanye
untuk menggalang para mudhohy (pekurban) supaya menyisihkan sebagian hartanya
untuk melakukan ibadah qurban dengan dibuatnya iklan cetak dan iklan audio visual
yang berjudul “Kutunggu Qurbanmu”. Hal yang menarik dalam strategi ini adalah
digunakannya dua pendekatan dalam satu strategi komunikasinya. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan Sebar Qurban Nusantara PKPU
versi “Kutunggu Qurbanmu” oleh Syafa’at Marcomm Yogyakarta.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, menggunakan
metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu
penelitian yang berusaha untuk menggembangkan konsep-konsep, menghimpun
fakta, tetapi penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis (anggapan
sementara) berdasarkan teori-teori tertentu. Data diperoleh melalui wawancara dan
observasi dan studi pustaka. Narasumber wawancara adalah Account Executive,
Strategic Planner, serta Creatif Director. Data yang diperoleh dianalisis secara
kualitatif, dan disajikan dalam bentuk uraian yang disusun secara detail dan
sistematis.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa strategi kreatif iklan berhasil
meningkatkan jumlah pequrban. Pada program SQN tahun 2012, terdapat
peningkatan jumlah pequrban sebanyak 80%, serta iklan cetak SQN mendapat gold
dan iklan audiovisual mendapatkan bronze pada Pinasthika AdFest 2012. Strategi
kreatif iklan SQN versi “Kutunggu Qurbanmu” menggunakan dua pendekatan,
pendekatan humor pada versi cetak dan pendekatan emosional pada iklan versi
audiovisualnya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *170 STRATEGI, KREATIF, IKLAN
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:34
Last Modified: 27 May 2022 03:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18092

Actions (login required)

View Item
View Item