PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP PENERAPAN BUDAYA PATIENT SAFETY DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II

ANINDITA PARAMASTUTI AZUMA (2015) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN MOTIVASI TERHADAP PENERAPAN BUDAYA PATIENT SAFETY DI RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA UNIT II. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (19kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Latar belakang: Isu tentang patient safety di Indonesia mulai gencar terdengar pada tahun 2005. Angka pelaporan insiden di Indonesia tergolong masih sedikit dan tidak banyak diungkap oleh rumah sakit. Manajemen harus mendukung penuh pelaporan insiden terkait keselamatan pasien agar staf dapat melaporkan semua Kejadian Nyaris Cidera, Kejadian Tidak Diharapkan dan isuisu lainnya tanpa merasa takut dihukum atau disalahkan. Terkait dengan upaya untuk menekan angka insiden keselamatan pasien di rumah sakit, menciptakan atau membangun budaya patient safety merupakan langkah penting dalam mewujudkan program keselamatan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional dan faktor-faktor motivasi baik secara parsial maupun simultan terhadap penerapan budaya patient safety di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif non eksperimental dengan desain cross sectional survey. Sampel yang digunakan adalah semua perawat instalasi rawat inap RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta unit II yang berjumlah 66 orang. Analisa data menggunakan regresi linier. Hasil dan pembahasan: Hasil koefisien determinasi (R2 ) adalah 0,142 dan hasil uji F terdapat pengaruh positif dan signifikan antara dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional dan faktor-faktor motivasi terhadap budaya patient safety dengan hasil F hitung 2,793 dan nilai p<0,05 (0,019) tingkat kepercayaan 95%. Namun, jika dianalisa dengan uji t terdapat beberapa dimensi kepemimpinan dan faktor motivasi yang tidak signifikan yaitu dimensi motivasi inspirasional p>0,05 (0,068), stimulasi intelektual p>0,05 (0,586), pertimbangan individu p>0,05 (0,215), dan faktor hygiene p>0,05 (0,802). Sedangkan yang berpengaruh signifikan yaitu dimensi pengaruh ideal p<0,05 (0,035) dan faktor motivator p<0,05 (0,001). Kesimpulan: Secara simultan, dimensi-dimensi kepemimpinan transformasional dan faktor-faktor motivasi berpengaruh terhadap penerapan budaya patient safety di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta Unit II. Namun, jika dianalisa secara parsial terdapat beberapa dimensi kepemimpinan dan faktor motivasi yang tidak signifikan yaitu dimensi motivasi inspirasional, stimulasi intelektual, pertimbangan individu, dan faktor hygiene. Sedangkan yang berpengaruh signifikan yaitu dimensi pengaruh ideal dan faktor motivator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL MOTIVASI BUDAYA PATIENT SAFETY
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:16
Last Modified: 08 Jun 2022 03:16
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item
View Item