HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS III RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

RIKA LISFYANTI (2015) HUBUNGAN MOTIVASI INTRINSIK DENGAN PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PADA PASIEN RAWAT INAP KELAS III RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (499kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (560kB)

Abstract

*402 Motivasi intrinsik merupakan motivasi yang timbul dari dalam diri mereka sendiri. Besarnya motivasi intrinsik dapat mempengaruhi penerapan komunikasi terapeutik yang dilakukan perawat dalam menangani pasien. Komunikasi terapeutik mempunyai peran penting dalam perawatan pasien di rumah sakit. Komunikasi ini berfokus pada kesembuhan pasien dengan menggunakan bahasa verbal ataupun non-verbal. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan motivasi intrinsik dengan penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien rawat inap kelas III RSUD Panembahan Senopati Bantul.
Jenis penelitian adalah deskripsi korelasi dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden dengan menggunakan teknik Quota Sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner. Uji analisis data menggunakan Spearman’s rho.
Hasil penelitian didapatkan motivasi intrinsik perawat dalam kategori baik sebanyak 24 responden (80%) dan penerapan komunikasi terapeutik didapatkan dalam kategori baik sebanyak 18 responden (60%). Hasil uji statistik Spearman’s rho diperoleh nilai p value = 0.591 (>0.050) yang artinya tidak terdapat hubungan antara motivasi intrinsik dengan penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi intrinsik dengan penerapan komunikasi terapeutik oleh perawat pada pasien.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *402 MOTIVASI INTRINSIK, PENERAPAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK, PERAWAT
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:48
Last Modified: 30 Dec 2021 03:48
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18156

Actions (login required)

View Item
View Item