PERILAKU PETUGAS KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DALAM PROMOSI TUMBUH KEMBANG BALITA DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL

KHOIRUNNISA EKA KURNIA M (2015) PERILAKU PETUGAS KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DALAM PROMOSI TUMBUH KEMBANG BALITA DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (550kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)

Abstract

Aspek tumbuh kembang pada masa anak merupakan suatu hal yang sangat penting. Petugas kesehatan harus memiliki perilaku yang baik, agar dapat mendukung program kesehatan ibu dan anak. Petugas kesehatan juga mempunyai peran yaitu tidak hanya memberikan pelayanan medis saja melainkan harus memberikan promosi kesehatan juga. Sehingga peneliti ingin mengetahui Perilaku Petugas Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dalam Promosi Tumbuh Kembang Balita di Puskesmas Kabupaten Bantul.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, non eksperimen dengan pendekatan deskriptif survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan multi stage random sampling, menggunakan 2 cara, yaitu cluster random sampling dan stratified random sampling. Sampel adalah 73 petugas KIA yang ada di Puskesmas Kabupaten Bantul. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku petuga KIA dalam promosi kesehatan secara umum tinggi pada kategori sangat baik 91,8%, promosi pada sasaran yang sangat baik sebanyak 94,5%, pada strategi promosi kesehatan yang tertinggi adalah baik sebanyak 56,2%, promosi kesehatan di tatanan KIA yang sangat baik sebanyak 90,4%. Secara keseluruhan gambaran perilaku petugas KIA dalam promosi tumbuh kembang balita di Puskesmas Kabupaten Bantul sangat baik sebanyak 61,6%. Penelitian ini merekomendasikan kepada petugas KIA untuk mengikuti pelatihan, agar dapat meningkatkan perilaku petugas KIA terutama dalam melakukan strategi promosi kesehatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *398 PROMOSI KESEHATAN, KIA, PERILAKU
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Dec 2021 03:43
Last Modified: 30 Dec 2021 03:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item
View Item