HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DENGAN PENGETAHUAN MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL

EKO PUJI HARTOYO (2015) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK DEMOGRAFI DENGAN PENGETAHUAN MOBILISASI DINI PADA PASIEN POST OPERASI LAPARATOMI DI RS PKU MUHAMMADIYAH BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)

Abstract

*354 Mobilisasi dini sangat penting untuk mencegah komplikasi post operasi laparatomi. Karakteristik demografi mempengaruhi tingkat pengetahuan seseorang. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara karakteristik demografi dengan pengetahuan mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi di RS. PKU Muhammadiyah Bantul.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Cara pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan mobilisasi dini. Uji validitas CVI yaitu 0,73. Uji reliabel dengan KR-20 yaitu 0,71. Sampel pada penelitian ini sebanyak 26 orang dengan menggunakan teknik accidental sampling. Analisa data penelitian menggunakan Spearman rank.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pasien post operasi laparatomi adalah laki-laki (61,5%). Mayoritas pendidikan pasien adalah SMA (30,8%), umur mayoritas 26-35 tahun (38,5%), mayoritas pekerjaan adalah buruh (46,1%), dan pengalaman mayoritas operasi pertama (61,5%). Pengetahuan pasien tentang mobilisasi dini mayoritas baik (50%). Tidak ada hubungan yang bermakna antara jenis kelamin (p=0,273), umur (p=0,145), pekerjaan (p=0,348) dengan pengetahuan mobilisasi dini. Terdapat hubungan yang bermakna dengan arah positif antara tingkat pendidikan (p=0,000) dan pengalaman (p=0,002) dengan pengetahuan mobilisasi dini.
Kesimpulan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pendidikan dan pengalaman dengan pengetahuan mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi.
Setelah dilakukan penelitian perawat lebih menekankan pada pelaksanaan dan menjelaskan manfaat dari mobilisasi dini. Penelitian selanjutnya untuk meningkatkan pengetahuan tentang mobilisasi dini pada pasien post operasi laparatomi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *354 KARAKTERISTIK DEMOGRAFI, PENGETAHUAN, MOBILISASI DINI, LAPARATOMI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:15
Last Modified: 27 May 2022 03:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18327

Actions (login required)

View Item
View Item