GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB STRES PADA MAHASISWA PSIK UMY YANG MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN

IKA RIZKY DAYANTI (2015) GAMBARAN FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB STRES PADA MAHASISWA PSIK UMY YANG MENGIKUTI ORGANISASI KEMAHASISWAAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)

Abstract

*346 Stres adalah suatu kondisi dimana tubuh berespon terhadap perubahan yang merupakan hasil dari perubahan lingkungan. Perubahan ini dirasakan sebagai tantangan, ancaman atau bahaya yang dapat berdampak negatif bagi tubuh. Stres dapat terjadi pada mahasiswa baik disebabkan karena masalah internal maupun eksternal. Salah satunya adalah pada mahasiswa yang berorganisasi. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan stres pada mahasiswa yang menjadi pengurus di organisasi kemahasiswaan adalah faktor organisasi, faktor interpersonal, faktor ekonomi dan faktor akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab stres pada mahasiswa yang mengikuti organisasi kemahasiswaan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik sampling berupa simple random sampling. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 159 mahasiswa. Responden pada penelitian ini adalah 59 mahasiswa PSIK yang mengikuti organisasi kemahasiswaan. Penelitian ini menggunakan kuesioner faktor-faktor penyebab stres mahasiswa organisasi sebagai instrumen pengumpulan data. Data dianalisis dengan analisa univariat, dengan melihat nilai rata-rata skor jawaban responden.
Berdasarkan hasil analisa univariat dengan melihat rata-rata skor responden, urutan faktor penyebab stres dari nilai rata-rata tertinggi adalah faktor ekonomi (mean= 11,30), faktor interpersonal (mean= 9,25), faktor akademik (mean= 8,89), dan faktor organisasi (mean= 8,42). Kesimpulan pada penelitian ini adalah faktor ekonomi merupakan faktor penyebab stres mahasiswa yang mengikuti organisasi tertinggi dinilai dari nilai rata-rata skor jawaban responden.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *346 FAKTOR PENYEBAB, MAHASISWA, ORGANISASI MAHASISWA, STRES,
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:10
Last Modified: 27 May 2022 03:10
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item
View Item