PENGARUH SENAM LATIH OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT DEPRESI LANSIA DI POSYANDU LANSIA AJI YUSWA NGEBEL TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL

DWI AYU PANGLIPURETHIAS (2015) PENGARUH SENAM LATIH OTAK (BRAIN GYM) TERHADAP TINGKAT DEPRESI LANSIA DI POSYANDU LANSIA AJI YUSWA NGEBEL TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (497kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)

Abstract

Perubahan akibat proses penuaan menyebabkan lansia rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya adalah depresi. Prevalensi depresi pada usia lanjut umumnya adalah 25–50% dan mencapai 2–44% di komunitas. Salah satu upaya penanggulangan depresi yang dapat dilakukan adalah dengan terapi senam latih otak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh senam latih otak terhadap tingkat depresi pada lansia. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperiment pretest posttest with control group design. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sebanyak 32 orang dan sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu, 16 orang kelompok kontrol dan 16 orang kelompok intervensi. Intervensi yang diberikan 3 kali perminggu dalam 3 minggu. Untuk membandingkan tingkat depresi responden sebelum dan sesudah dilakukan senam latih otak menggunakan Geriatric Depression Scale (GDS) Short form yang dianalisis dengan uji Mann Whitney.
Berdasarkan hasil uji statistik Mann Whitney pada kelompok kontrol dan intervensi diperoleh p value 0.000 (α ≤ 0,05), maka H0 ditolak. Selain itu terdapat selisih mean pada kelompok intervensi saat pretest dan posttest sebanyak -2.94 poin, sedangkan selisih mean pada kelompok kontrol sebanyak 0.37 poin. Hal ini menunjukan bahwa senam latih secara signifikan memberikan pengaruh otak terhadap tingkat depresi lansia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *411 LANSIA, DEPRESI, BRAIN GYM
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jun 2022 01:58
Last Modified: 08 Jun 2022 01:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item
View Item