IMPLEMENTASI DATA MART LULUSAN DENGAN ARSITEKTUR NORMALIZED DATA STORE DAN DIMENSIONAL DATA STORE

MUHAMMAD YAZID (2015) IMPLEMENTASI DATA MART LULUSAN DENGAN ARSITEKTUR NORMALIZED DATA STORE DAN DIMENSIONAL DATA STORE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

*151 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta telah meluluskan lebih dari 20550 lulusan. Namun, belum ada pengolahan data yang terpusat, terintegrasi, dan berkala untuk kebutuhan analisis dan membantu pengisian borang akreditasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu membangun data mart untuk mendukung pembangunan data warehouse, pengisian borang akreditasi, kebutuhan analisis penambil keputusan, dan memberikan bahan evaluasi untuk pengelola sistem basis data. Pembangunan data warehouse Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan pendekatan Bottom-Up. Pendekatan tersebut membangun data warehouse dengan menggabungkan beberapa data mart. Data mart lulusan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menggunakan arsitektur normalized data store (NDS) dan dimensional data store (DDS) dengan metode software development life cycle (SDLC) model waterfall. Tahapan dari model tersebut yaitu analisis kebutuhan dengan membuat mapping table analysis, design dengan bus matrix, implementation dengan arsitektur normalized data store (NDS) dan dimensional data store (DDS), testing melalui proses OLAP, dan maintenance melalui validitas dan evaluasi data. Dengan arsitektur dan metode tersebut, penelitian menampilkan data jumlah lulusan, IPK lulusan dan persentase IPK lulusan tahun akademik 2010/2011 sampai dengan 2014/2015 sesuai kriteria borang akreditasi dan hasil analisis kebutuhan. Dari penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa data mart lulusan dapat memberikan data dan informasi tentang lulusan dan mendukung pembangunan data warehouse Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *151 DATA WAREHOUSE, DATA MART, NORMALIZED DATA STORE (NDS), DIMENSIONAL DATA STORE (DDS), LULUSAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:45
Last Modified: 27 May 2022 02:45
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18365

Actions (login required)

View Item
View Item