UNIFIED COMMUNICATIONS SYSTEM SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI DAN KOLABORASI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM CONNECTED LEARNING

SARI YUNI NOVIANTI (2015) UNIFIED COMMUNICATIONS SYSTEM SEBAGAI SOLUSI KOMUNIKASI DAN KOLABORASI UNTUK MENDUKUNG PROGRAM CONNECTED LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (23kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

*145 Universitas Gadjah Mada (UGM) merupakan unit Academy Support Center (ASC) dan Instructor Training Center (ITC) yang memberikan layanan terhadap pengelolaan Cisco Academy dan pusat pelatihan instruktur di Indonesia. Untuk menyampaikan materi pembelajaran maupun memperbarui materi kepada instruktur dan pengelola Cisco Academy yang tersebar di seluruh Indonesia dibutuhkan sebuah sistem yang mampu mengintegrasikan beragam perangkat komunikasi yang berbeda menjadi sebuah komunikasi terpadu yang dapat diakses melalui satu aplikasi antar muka, yaitu sistem Unified Communications.
Sistem dibuat melalui metode PPDIOO (Persiapan, Perencanaan, Desain, Implementasi, Operasi dan Optimasi) dengan On-Premises Deployment. Sistem diterapkan pada lingkungan laboratorium sebagai prototype dari implementasi yang sesungguhnya. Sistem telah di uji coba dan berfungsi dengan baik yakni menyediakan layanan dasar di mana pengguna dapat melakukan panggilan, video call, instant messaging and presence, desktop/presentation sharing dan file/document sharing, melalui sebuah klien aplikasi yaitu Cisco Jabber.
Sehingga kegiatan pembelajaran dalam program Connected Learning dapat dilakukan dari tempat masing-masing tanpa harus bertemu secara langsung. Hal ini membantu komunikasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh pihak pengelola akademi dengan instruktur dan staf menjadi lebih efektif dan efisien dari segi fleksibilitas, konektivitas dan skalabilitas.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *145 CISCO UNIFIED COMMUNICATIONS, KOMUNIKASI TERINTEGRASI, INSTANT MESSAGING AND PRESENCE, ON-PREMISES DEPLOYMENT, VOIP
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:44
Last Modified: 27 May 2022 02:44
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item
View Item