HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL PERAWAT TERHADAP CARING PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA

LUCIANA UNTARI (2015) HUBUNGAN KECERDASAN SPIRITUAL PERAWAT TERHADAP CARING PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (579kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)

Abstract

*360 Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi persoalan makna dan merupakan kecerdasan untuk menempatkan perilaku dan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan dengan yang lain. SQ adalah landasan tertinggi yang diperlukan untuk memfungsikan 2 komponen kecerdasan yang lainnya yaitu IQ (intelektual quotient) dan EQ (emotional quotient). Salah satunya dengan kecerdasan spiritual yang baik, maka caring perawat juga akan menjadi baik dengan mengedepankan empati dan rasa kepedulian. Caring dalam asuhan keperawatan merupakan bentuk perilaku dalam merawat pasien.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan spiritual perawat terhadap caring perawat di ruang rawat inap di RS Nur Hidayah Bantul Yogyakarta.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian non-eksperimen dengan jenis penelitian korelasi menggunakan pendekatan cross-sectional. Populasinya adalah semua perawat yang bekerja di ruang rawat inap Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Yogyakarta yang memenuhi kriteria inklusi. Jumlah sampel adalah 27 responden dengan menggunakan tekhnik total sampling. Instrument pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan analaisa data menggunakan Spearman’s rho.
Perawat yang memiliki kecerdasan spiritual dengan kategori baik sebanyak 18 orang (66.7%), dan kategori cukup sebanyak 9 orang (33.83%). Perawat yang memiliki caring dengan kategori baik sebanyak 22 orang (81.5%), dan kategori cukup sebanyak 5 orang (18.5%). Hasil uji statistik spearman rho diperoleh nilai r = 0.674 yang artinya hubungan kecerdasan spiritual perawat terhadap caring perawat di ruang rawat inap RS Nur Hidayah Bantul Yogyakarta memiliki arti keeratan yang kuat.
Kesimpulan Pada penelitian ini adalah nilai P = 0.000 (p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *360 PERAWAT, CARING, KECERDASAN SPIRITUAL
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:40
Last Modified: 27 May 2022 02:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18375

Actions (login required)

View Item
View Item