STUDI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA SLING PUMP JENIS KERUCUT DENGAN VARIASI JUMLAH INLET DAN PRESENTASE PENCELUPAN

FAHRIANSYAH NUR EFENDI (2015) STUDI EKSPERIMENTAL UNJUK KERJA SLING PUMP JENIS KERUCUT DENGAN VARIASI JUMLAH INLET DAN PRESENTASE PENCELUPAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (737kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)

Abstract

*127 Sungai merupakan sumber energi terbarukan (renewable energy application). Aliran sungai sebagai energi terbarukan perlu dioptimalkan fungsinya untuk menggerakkan pompa salah satunya sling pump. Sling pump adalah pompa alternatif energi terbarukan yang kontruksinnya terdiri dari lilitan selang yang melilit pada rangka. Sebagai pompa alternatif sling pump dengan sumber energi aliran sungai maka kemungkinan debit yang dihasilkan dari sebuah sling pump dapat dipengruhi oleh banyak faktor salah satunya saluran inlet serta presentase pencelupan saluran inlet dari pompa itu sendiri. Faktor-faktor itu perlu dikaji dan diteliti lebih lanjut untuk mengetahui pegaruhnya terhadap debit yang dihasilkan oleh sebuah sling pump.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menemukan pengaruh jumlah saluran inlet dan persentase pencelupan saluran inlet terhadap debit yang dihasilkan oleh sebuah sling pump. Penelitian ini dilakukan menggunakan selang yang digunakan adalah selang plastik dengan diameter 3/4”, 4 Jumlah lilitan, Peresentasi kondisi pencelupan sling pump 50%, 60%, 70% dan 80%, jumlah inlet 1, 2, 3 dan 4, panjang pipa delivery 6 m dengan ketinggian delivery adalah 50 cm, perhitungan aliran menggunakan 1 fase, putaran motor konstan 40 rpm. Sling pump yang digunakan skala laboratorium serta penggunaan motor listrik sebagai penggerak utama yang digunakan adalah motor listrik.
Hasil pengujian diperoleh debit air yang dihasilkan oleh sling pump dengan variasi jumlah inlet dan persentase pancelupan sangat berpengaruh terhadap debit yang dihasilkan, Semakin meningkatnya persentasi pencelupan sling pump dari 50% sampai 80% menyebabkan debit air semakin meningkat. Debit air paling optimal dari hasil penelitian ini terdapat pada kondisi pencelupan sling pump 80% di dalam air dengan jumlah 2 inlet yaitu sebesar 0,000312 m3/s.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *127 SLING PUMP, INLET, DEBIT, PERSENTASE PANCELUPAN
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:37
Last Modified: 27 May 2022 02:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item
View Item