SIKAP PETUGAS KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DALAM PROMOSI TUMBUH KEMBANG BALITA DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL

ANDRI PUTRIASI (2015) SIKAP PETUGAS KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DALAM PROMOSI TUMBUH KEMBANG BALITA DI PUSKESMAS KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (552kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

*394 Periode penting dalam tumbuh kembang anak adalah masa balita, karena pada masa ini pertumbuhan dasar akan mempengaruhi dan menentukan perkembangan anak selanjutnya. Aspek tumbuh kembang sering diabaikan oleh petugas kesehatan karena mereka hanya fokus untuk mengobati penyakit. Petugas kesehatan perlu memberikan promosi kesehatan terkait tumbuh kembang balita. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui sikap petugas KIA dalam promosi tumbuh kembang balita di Puskesmas Kabupaten Bantul.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, non eksperimen dengan pendekatan deskriptif survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multi stage random sampling yang dibagi menjadi dua cara yaitu cluster random sampling dan stratified random sampling. Sampel yang diteliti sebanyak 73 petugas KIA di puskesmas Kabupaten Bantul. Untuk pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah sikap petugas KIA dalam promosi tumbuh kembang balita termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase sebagai berikut: sikap petugas KIA dalam promosi kesehatan secara umum termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 98,6%, sikap petugas KIA dalam promosi tumbuh kembang balita kepada sasaran primer, sekunder dan tersier termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 97,3%, sikap petugas KIA dalam melakukan strategi promosi tumbuh kembang balita termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 98,6% dan sikap petugas KIA dalam promosi tumbuh kembang balita di tatanan KIA termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 98,6%. Dengan hasil yang sangat baik ini diharapkan petugas KIA dapat mengaplikasikan dalam praktek pelayanan kesehatan di ruang KIA khususnya promosi tumbuh kembang balita

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *394 PROMOSI KESEHATAN, KIA, SIKAP
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:26
Last Modified: 27 May 2022 02:26
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item
View Item