KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL 113 CC

WISNU GATOT WIBOWO (2015) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH SILINDER TUNGGAL 113 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Peran timing pengapian CDI sangatlah penting untuk mendapatkan hasil
pembakaran yang lebih baik. Untuk mendapatkan hasil pembakaran yang lebih baik perlu
dilakukan pengaturan timing pengapian yaitu dengan penggantian CDI racing. Maka dalam
hal ini perlu dilakukan penelitian tentang kinerja mesin yang dihasilkan jika kondisi mesin
sudah dilakukan pengajuan timing pengapianya.
Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya dan bahan bakar antara kondisi CDI
standar, CDI racing standar dan CDI racing optimal. Pengambilan data torsi dan daya
menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama
motor dihidupkan, kemudian throttle ditahan pada 2500 RPM setelah stabil pada 2500 RPM
baru throttle dinaikkan secara spontan sampai maksimal, hasil pengujian dari metode ini
adalah daya dan torsi yang dikeluarkan dari dynotest, sedangankan pengambilan data
konsumsi bahan bakar menggunakan metode per-rpm dengan cara membuka throttle dari
3000 rpm kemudian dinaikkan menjadi 9000 rpm secara bertahap setiap kenaikannya 1000
rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Torsi yang dihasilkan oleh CDI racing
pada awal putaran lebih besar dibandingkan CDI standar, Sedangkan pada CDI standar di
putaran tinggi pengapiannya lebih stabil. Disebabkan CDI standar pengapianya dibatasi.
Daya yang dihasilkan oleh CDI racing optimal lebih besar dibandingkan CDI standar dan
CDI racing standar. Disebabkan api yang dihasilkan oleh CDI racing optimal lebih besar.
Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan oleh CDI racing lebih sedikit dibandingkan dengan
CDI standar, Disebabkan CDI racing pengapianya lebih besar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: 255 TIMING PENGAPIAN, CDI RACING, MESIN 4 LANGKAH
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 02:20
Last Modified: 27 May 2022 02:20
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item
View Item