BAYU NOVRIZAL (2015) STUDI EKSPRIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI CAMSHAFT, IGNITION COIL DAN MUFFLER TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (93kB)
Abstract.pdf
Download (86kB)
Bab I.pdf
Download (117kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (649kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (651kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (333kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13kB)
Abstract
*135 Seiring perkembangan teknologi otomotif dalam balap, maka komponen racing yang ditawarkan di pasaran semakin banyak jenisnya. Camshaft racing, koil racing dan knalpot salahsatunya. Penggantian komponen ini bertujuan untuk menambah akselerasi dan top speed pada motor standar yang digunakan untuk keperluan sehari-hari. Berdasarkan keterangan diatas maka perlu dilakukan penelitian mengenai investigasi pengaruh variasi camshaft, ignition coil dan muffler pada motor 4 langkah 1 silinder 100 cc kondisi standar.
Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 100 cc 4 langkah dengan alat uji Dynamometer untuk pengujian torsi dan daya. Pengujian dilakukan pada 8 kondisi yaitu camshaft standar, koil standar dan knalpot standar; camshaft standar, koil racing dan knalpot standar; camshaft standar, koil standar dan knalpot modifikasi; camshaft standar, koil racing dan knalpot modifikasi; camshaft racing, koil standar dan knalpot standar; camshaft racing, koil racing dan knalpot standar; camshaft racing, koil standar dan knalpot modifikasi; camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi. Parameter yang diamati adalah torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Metode penelitian dalam pengujian ini ada dua metode yaitu dengan pembukaan throttle spontan dan pembukaan throttle per-rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi mesin standar, torsi maksimal sebesar 9,16 Nm pada putaran mesin 6000 rpm, daya sebesar 6,64 kW pada putaran mesin 7500 rpm dan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 0.353 kg/jam. Pada kondisi motor standar, camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi, torsi maksimal yang dihasilkan sebesar 8,45 Nm pada putaran mesin 8500 rpm dan daya sebesar 7,81 kW pada putaran mesin 9000 rpm dan konsumsi bahan bakar rata-rata sebesar 0,89 kg/jam. Penggunaan camshaft racing pada motor standar mengalami penurunan torsi sebesar 7,75 % dikarenakan kompresi dinamis motor mengalami penurunan tetapi sebaliknya daya meningkat sebesar 17,62 % pada putaran mesin tinggi. Konsumsi bahan bakar pada kondisi mesin standar, camshaft racing, koil racing dan knalpot modifikasi lebih banyak 7,01 % dibanding dengan kondisi mesin standar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *135 UNJUK KERJA MOTOR 4 LANGKAH, CAMSHAFT, KOIL, KNALPOT, RACING |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 May 2022 02:20 |
Last Modified: | 27 May 2022 02:20 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18400 |