STUDI ANALISIS PERHITUNGAN POTENSI ENERGI BIOGAS DARI PEMBUSUKAN BUAH UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK DI PASAR INDUK BUAH GIWANGAN PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

ARIF NURIL ANWAR (2015) STUDI ANALISIS PERHITUNGAN POTENSI ENERGI BIOGAS DARI PEMBUSUKAN BUAH UNTUK PEMBANGKIT LISTRIK DI PASAR INDUK BUAH GIWANGAN PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (361kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)

Abstract

*113 Pertumbuhan pembangkit listrik meningkat seiring dengan bertambahnya permintaan energi listrik. Saat ini upaya pembangkitan listrik sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil yang tidak dapat diperbaharui dan tidak ramah lingkungan. Padahal potensi sumber energi terbarukan yang tersedia sangat melimpah namun hingga kini belum tergarap secara optimal. Salah satu sumber energi terbarukan tersebut adalah sampah. Pemanfaatan sumber energi terbarukan dan peralatan konversinya semakin variatif. Sampah pasar sebagai sumber masalah kebersihan, dapat ditinjau sebagai sumber energi alternatif dengan teknologi yang ramah lingkungan baik proses maupun produknya. Proses penguraiannya yang diarahkan menjadi biogas menjadikan proses ini menghasilkan energi alternatif sekaligus mengurangi volume sampah organik. Salah satu pasar yang menghasilkan sampah terbanyak yaitu pasar Giwangan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang memproduksi sampah buah busuk sebanyak 6 ton perhari. Maka analisis pemanfaatan sumber energi sampah buah busuk di perlukan untuk mengetahui seberapa besar energi listrik yang dapat dihasilkan dari sampah buah busuk di pasar Giwangan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan estimasi penggunaan energi untuk lingkungan pasar. Salah satu cara untuk memanfaatkan sumber energi sampah buah yaitu dengan menggunakan teknologi terbaru yaitu pembangkit listrik tenaga biogas sampah, dengan menerapkan metode anaerobic digesting yaitu metode yang digunakan untuk menghasilkan gas metana secara alami dengan bantuan bakteri Greenphoskko. Proses pembentukan gas metana terjadi secara alami didalam biodigester selama 7 hari, gas metana itulah yang akan dimanfaatkan sebagai bahan bakar generator set bioelektrik. Tahapan roses produksi gas metana mulai dari pengambilan sampah buah busuk hingga menghasilkan gas metana yang digunakan untuk menghasilkan energi listrik, diperlukan beberapa komponen alat yaitu mesin pencacah sampah, bak penampung, biodigester, gas holder, purifikasi dan generator set bioelektrik. Berdasarkan jumlah sampah buah busuk yang ada di pasar Giwangan sebanyak 6 ton perhari maka dihasilkan Vg ( Volume gas holder ) sebesar 244,44 m3. Gas yang dihasilkan dari gas holder, 70 % merupakan ga metan murni , jadi jika volume gas holder sebesar 244,44 m3 maka potensi energi gas metana murni sebesar 171,108 m3. Jumlah tersebut dapat dikonversikan menjadi energi listrik sebesar 804,2076 kWh dengan daya sebesar 33,50 kW.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: *113 GAS METANA, SAMPAH BUAH BUSUK, ENERGI TERBARUKAN, PASAR GIWANGAN.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 08:47
Last Modified: 07 Jun 2022 08:47
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18406

Actions (login required)

View Item
View Item