EFEKTIFITAS EDUKASI BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN KOPING DAN KEPATUHAN TERAPI PENYANDANG DIABETES MELLITUS

SHEYLLA SEPTINA MARGARETTA (2015) EFEKTIFITAS EDUKASI BERBASIS THEORY OF PLANNED BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN KOPING DAN KEPATUHAN TERAPI PENYANDANG DIABETES MELLITUS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (110kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)

Abstract

Diabetes Mellitus menyebabkan komplikasi fisik yang dapat memperberat tekanan psikologis diantaranya stress dan depresi. Salah satu penyebab depresi adalah kurangnya koping individu. Koping yang efektif diharapkan akan berdampak pada kepatuhan terapi penyandang DM. Edukasi merupakan salah satu pilar DM, edukasi DM berbasis Theory Planned Behavior merupakan edukasi dengan pendekatan individu yang berisi dukungan serta panduan terapi DM di rumah yang bertujuan untuk meningkatkan koping dan kepatuhan terapi DM.
Tujuan: Tujuan secara umum yaitu mengidentifikasi efektifitas edukasi berbasis Theory of Planned behavior (TPB) terhadap koping individu dan tingkat kepatuhan terapi penyandang DM.
Metode: Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan pendekatan desain pre post test group design dengan kelompok kontrol. Jumlah sampel 34 dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 17 kelompok kontrol dan 17 kelompok intervensi. Kelompok intervensi diberi edukasi dengan panduan booklet selama 2 hari, sedangkan kelompok kontrol tidak diberikan edukasi. Pre tes koping dan kepatuhan diberikan saat intervensi pertama dan diukur kembali saat satu bulan setelah penelitian, juga ditambahkan pengukuran GDP satu bulan kemudian pada kedua kelompok.
Hasil: Terdapat perbedaan yang bermakna nilai koping, kepatuhan terapi dan nilai GDP antara kelompok intervensi dan kontrol sesudah pemberian edukasi terstruktur yaitu p

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EDUKASI DM, KOPING INDIVIDU, KEPATUHAN DM DAN THEORY OF PLANNED BEHAVIOR
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:46
Last Modified: 07 Jun 2022 03:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18449

Actions (login required)

View Item
View Item