WAHYUDI EKA PUTRA (2015) GAMBARAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4 SAMPAI 6 TAHUN DI TAMAN KANAK- KANAK ISLAM DAN TAMAN KANAK- KANAK UMUM DI KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (643kB)
Bab I.pdf
Download (190kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (263kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (206kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (248kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (158kB)
Abstract
Kemampuan kognitif berhubungan dengan aktivitas intelektual seperti berpikir, menjelaskan, membayangkan, mempelajari kata, dan menggunakan bahasa. Perkembangan kognitif yang dicapai anak pada saat mereka berada dalam ranah pendidikan usia dini memberikan efek jauh ke masa depannya. Pada masa ini kognitif anak mulai menunjukkan perkembangan dan anak akan dipersiapkan untuk memasuki sekolah. Masa ini juga disebut Golden period yang akan menentukan aspek perkembangan anak dalam kehidupan selanjutnya, dengan begitu anak akan lebih mudah dalam menghadapi kegiatan pembelajaran yang lebih formal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran perkembangan kognitif anak usia 4 sampai 6 tahun di Taman Kanak-kanak (TK) Islam dan Taman Kanak-kanak Umum Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul. Desain penelitian ini yaitu survey deskriptif. Subjek penelitian sejumlah 353 responden dan instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibuat berdasarkan PERMENDIKBUD 2014.
Hasil penelitian adalah gambaran perkembangan kognitif anak di TK Islam dan Umum Kecamatan Kasihan adalah 246 anak (69,7 %) tergolong baik, kemudian 106 anak (30,0 %) tergolong cukup dan 1 anak ( 0,3 %) termasuk kategori kurang. Kesimpulan dari penelitian ini rata-rata perkembangan anak masuk dalam kategori baik dan cukup serta ada 1 anak yang masuk dalam kategori kurang. Hasil penelitian ini diharapkan kepada orang tua anak agar terus memantau dan mendampingi anak khususnya dalam perkembangan kognitif walaupun anak termasuk kategori baik dan cukup terlebih lagi bagi anak yang termasuk kategori kurang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | *313 PERKEMBANGAN, KOGNITIF, ANAK, PENDIDIKAN PRESCHOOL |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 07 Jun 2022 03:19 |
Last Modified: | 07 Jun 2022 03:19 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18461 |