PENGARUH EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SEKOLAH DASAR

Herman (2020) PENGARUH EDUKASI PENCEGAHAN BULLYING PADA ANAK TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWA DI SEKOLAH DASAR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (821kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Latar belakang : Selama ini beberapa tindakan yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam menangani perilaku bullying adalah dengan adanya guru bimbingan konseling. Tetapi tidak semua sekolah yang mempunyai guru bimbingan konseling, dan peran guru bimbingan konseling yang kurang. Sehingga di perlukan tindakan yang lebih serius lagi dalam menangani sikap bullying ini, seperti memberikan edukasi tentang pencegahan bullying, bagaimana cara meningkatkan empati dan manajemen diri, karena faktor tersebut sangat berperan penting dalam penanganan kasus bullying. Setelah di berikan edukasi ini diharapakan siswa mampu mengetahui cara menghindari perilaku bullying sehingga tidak menjadi pelaku maupun korban.
Tujuan : Menganalisis pengaruh edukasi tentang pencegahan bullying pada anak terhadap pengetahuan dan sikap siswa di SD Negeri 2 Mandati II.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment dengan dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan intervensi.
Hasil : terdapat pengaruh edukasi pencegahan bullying terhadap pengetahuan dan sikap siswa dengan nilai p= 0.000 < 0.05.
Kesimpulan : Edukasi pencegahan bullying efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa di SD Negeri 2 Mandati II
Kata kunci : Edukasi, Bullying, Pengetahuan, Sikap

Item Type: Thesis (S2)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Keperawatan S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Oct 2021 06:11
Last Modified: 02 Nov 2021 02:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1847

Actions (login required)

View Item
View Item