ANALISIS PENGARUH METODE BIORETENTION TERHADAP DEBIT DAN KEKERUHAN AIR LIMPASAN AKIBAT HUJAN (STUDI KASUS DENGAN MEDIA TANAH KOSONG DAN KACANG- KACANGAN)

WINDA PUSPITA (2015) ANALISIS PENGARUH METODE BIORETENTION TERHADAP DEBIT DAN KEKERUHAN AIR LIMPASAN AKIBAT HUJAN (STUDI KASUS DENGAN MEDIA TANAH KOSONG DAN KACANG- KACANGAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul.pdf] Text
Halaman Judul.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstract.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Bencana banjir telah menjadi persoalan tiada akhir bagi manusia di seluruh dunia dari dulu, sekarang dan yang akan datang. Di Indonesia, kerugian dan kerusakan akibat banjir adalah sebesar dua pertiga dari semua bencana lainnya dan saat ini kecenderungan bencana banjir terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk terutama di daerah perkotaan. Pesatnya pertumbuhan pembangunan di kota berbanding terbalik dengan ketersediaan ruang terbuka yang berfungsi sebagai lahan resapan air hujan, mengakibatkan proses infiltrasi yang terjadi mengalami penurunan. Titik-titik resapan tersebut terhalang oleh gedung-gedung tinggi. Dengan berkurangnya lahan resapan air hujan itu maka, proses penyerapan air pun tidak maksimal sehingga air tanah terancam ketersediaanya. Hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor terjadinya kekeringan pada musim kemarau.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan model infiltrasi sederhana dalam proses meresapkan air limpasan, menganalisis nilai efisiensi model infiltrasi sederhana dalam menurunkan debit limpasan dan menganalisis pengaruh model sederhana terhadap suspensi dan kadar lumpur.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tanah dengan media tanaman mampu menurunkan air limpasan dan memperbaiki kualitas akibat hujan dibandingkan tanah kosong. Debit limpasan permukaan terbesar terjadi pada pengujian terhadap tanah kosong dan tanah dengan media tanaman saat keadaan tak jenuh dan jenuh air sebesar 0,237 liter/detik untuk kondisi curah hujan normal dan 0,331 liter/detik untuk kondisi curah hujan deras, sedangkan debit limpasan terkecil sebesar 0,235 liter/detik untuk kondisi curah hujan normal dan sebesar 0,318 liter/detik untuk kondisi curah hujan deras. Nilai kandungan suspensi terbesar sebesar 9,29 mg/l untuk kondisi curah hujan normal dan 9,9 mg/l untuk kondisi curah hujan deras, sedangkan nilai terkecil sebesar 5,11 mg/l untuk kondisi curah hujan normal dan 4,92 mg/l untuk kondisi curah hujan deras

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: rain gardens, infiltration models, surface runoff
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2022 02:37
Last Modified: 14 May 2024 06:19
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18480

Actions (login required)

View Item
View Item