ANALISIS KINERJA APARAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK (STUDI KASUS KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG TAHUN 2002-2004)

IRFAN AFRIADI (2006) ANALISIS KINERJA APARAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KARTU TANDA PENDUDUK (STUDI KASUS KECAMATAN KEMUNING KOTA PALEMBANG TAHUN 2002-2004). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (691kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Salah satu jenis pelayanan publik yang dilaksanakan oleh aparat pemerintah kecamatan adalah pelayanan Kartu Tanda Penduduk. Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Sering dirasakan mempakan pelayanan yang paling dirasakan oleh masyarakat, sehinttga aparat pemerintah kecamatan dituntut untuk dapat bckerja secara efektif karena kualitas dari pelayanan ini selalu dapat perhatian dari masyaralcat sebagai pclanggan. Dalam kenyataannya masih banyak keluhan dari masyaralcat mengenai kinetja aparat dalam memberikan pelayanan Kartu Tanda Penduduk. Untuk itulah judul penelitian yang diambil pcnulis adalah "Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kincrja Aparat Dalam Memberilcan Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Studi Kasus Di Kecamatan Kemuning Kota Palembang Tahun 2002-2004". Perrnasalaban yang diteliti dalam penelitian ini adalah seberapa besar tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja aparat dalam memberikan pelayanan Kartu Tanda Penduduk. Bcrdasarkan permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini yang tnenitikbemtican tentang kepuasan pelanggan terhadap kinerja aparat kecamatan dalam memberikan pelayanan KTP, maka penelitian ini digolongkan jenis penclitian survey research (Penelitian survei). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kucsioner kepada masyarakat secara Accidential dan melakukan wawancaara kepada sejumlah aparat yang dianggap mewakili dalam bidangnya. Teknik pertgumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. dan wawancara. Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Kemuning menggunakan sistem komputerisasi (SIMDUK On-Line). Sebagai landasan hukumnya adalah Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 42 Tahun 2002 Tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil Serta Peraturan Daerah Kota Palembang Nomor 8 Tahun 2003 Tentang Retribusi Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Catatan Sipil. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Kemuning sudah dapat dikatakan berjalan dengan baik. Berclasarkan variabel kinerja yang penulis gunakan untuk menganalisis kinerja aparat dalam memberikan pelayanan KTP yang dapat dilihat dari skor rata-rata jawaban responden yaitu 3,04 yang termasuk dalam ketegori "Culcup Baik". Walaupun, ada beberapa hal yang masih harus diperbaiki diantaranya: Masih kurangnya jumlah sarana penunjang pelayanan termasuk tidak tersedianya kotak saran, serta kurangnya kesadaran dari masyarakat untuk memiliki kelengkapan administrasi kependudukan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: KINERJA
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 May 2022 03:09
Last Modified: 27 May 2022 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/18485

Actions (login required)

View Item
View Item