KEKUATAN SPRITUALITAS DALAM MEMBENTUK SELF REGULATED LEARNING SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA

Ratna Utaminingrum (2020) KEKUATAN SPRITUALITAS DALAM MEMBENTUK SELF REGULATED LEARNING SISWA SD MUHAMMADIYAH SURONATAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (974kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan spritualitas dalam membentuk Self Regulated Learning Siswa SD Muhammadiyah Suronatan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di rumah siswa dan SD Muhammadiyah Suronatan. Subjek penelitian 3 siswa alumni, 3 wali murid, 1 guru dan Kepala sekolah. Peneliti mengambil 8 subjek tersebut dikarenakan 3 siswa tersebut merupakan siswa alumni yang memiliki prestasi ketika UN dan siswa terpilih dari sekolah pada tahun 2016. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa usaha spritual siswa SD Muhammadiyah suronatan dikategorikan cukup dilihat dari indikator spritual yang meliputi sholat dhuha, shodaqoh, doa dan spritual building. Self Regulated Learning Siswa SD Muhammadiyah Suronaan menjelang ujian dapat dinyatakan cukup baik. Hal tersebut dapat dilihat melalui aspek aspek karakteristik Self Regulated Learning siswa diantanya memiliki strategi belajar yang baik, memiliki catatatan belajar yang rapi, mampu mengatur emosi sesuai keadaan belajar dan adanya pembangkitan usaha. Spritualitas membentuk Self Regulated Learning dengan sejauh kesadaran seseorang terhadap tujuan hidupnya, sehingga mengubah perilaku belajarnya menjadi lebih baik. Peran guru di sekolah, orang tua ketika di rumah serta lingkungan yang membangun sangat berpengaruh terhadap regulasi siswa dalam belajar. Melalui ketiga faktor tersebut anak memiliki dorongan semangat untuk belajar dan berprestasi melalui beberapa kebiasaan yang didalamnya mengandung aspek aspek dalam Self Regulated Learning, diantaranya sikap tanggungjawab terhadap tugas belajarnya, disiplin mengatur waktu belajar dan memiliki motivasi belajar yang tinggi.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:01
Last Modified: 20 Oct 2021 03:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item